Cara Mengambil Uang di ATM Lewat Dana
Cara Mengambil Uang di ATM Lewat Dana

Cara Mengambil Uang di ATM Lewat Dana

1. Kenali Aplikasi Dana

Aplikasi Dana adalah salah satu fintech yang menawarkan fitur digital wallet atau dompet digital yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai transaksi seperti transfer, bayar tagihan, beli pulsa dan lain-lain. Untuk dapat mengambil uang di ATM lewat Dana, pastikan kamu telah menjadi pengguna Dana terlebih dahulu.

2. Top Up Saldo Dana

Sebelum dapat mengambil uang di ATM lewat Dana, pastikan saldo di digital wallet kamu mencukupi untuk melakukan transaksi. Caranya cukup mudah, kamu bisa melakukan top up saldo Dana melalui berbagai metode yang disediakan, seperti transfer antar bank, kartu debit, dan minimarket terdekat.

3. Aktifkan Fitur Penarikan Tunai di ATM

Pastikan fitur penarikan tunai di ATM sudah aktif pada akun Dana kamu. Caranya cukup mudah, masuk ke aplikasi Dana, pilih menu “Profil”, lalu pilih “Penarikan Tunai di ATM”, dan aktifkan fitur tersebut dengan mengisi nomor handphone kamu.

4. Pilih Menu Tarik Tunai di ATM

Setelah saldo Dana kamu mencukupi dan fitur penarikan tunai di ATM sudah aktif, kamu bisa langsung ke ATM untuk mengambil uang. Pilih menu “Tarik Tunai” pada layar mesin ATM dan pilih opsi “Lainnya”.

5. Masukkan Nominal Penarikan

Masukkan nominal pengambilan uang sesuai dengan saldo yang kamu miliki di digital wallet Dana. Pastikan juga kamu memasukkan nomor PIN yang benar untuk melanjutkan proses transaksi.

6. Tunggu Konfirmasi Transaksi

Setelah memasukkan nominal penarikan dan nomor PIN, tunggu beberapa saat hingga layar ATM menampilkan informasi konfirmasi transaksi yang kamu lakukan. Pastikan kamu telah memeriksa kembali nominal uang yang akan kamu ambil agar tidak terjadi kesalahan.

7. Ambil Uang di Slot ATM

Setelah transaksi dikonfirmasi, uang akan keluar dari slot ATM. Kamu sudah berhasil mengambil uang di ATM lewat Dana dengan mudah dan cepat.

8. Perhatikan Batas Pengambilan Uang

Perlu diingat, terdapat batas maksimal pengambilan uang di ATM lewat Dana. Saat ini, batas maksimal pengambilan uang adalah Rp 2.000.000 per transaksi dan Rp 5.000.000 per hari.

9. Periksa Saldo Digital Wallet

Setelah berhasil mengambil uang di ATM lewat Dana, pastikan kamu memeriksa saldo digital wallet Dana kamu untuk memastikan saldo masih mencukupi untuk melakukan transaksi selanjutnya.

10. Pastikan Keamanan Akun

Sebagai pengguna Dana, pastikan kamu selalu memeriksa keamanan akun kamu agar terhindar dari berbagai macam tindakan kejahatan seperti penipuan, phising dan lain-lain. Gunakan fitur keamanan seperti password yang kuat, verifikasi nomor hp dan email, dan lain-lain.

11. Simpan Bukti Transaksi

Sebagai bukti transaksi, pastikan kamu menyimpan struk atau notifikasi transfer yang diterima dari Dana sebagai bukti transaksi yang telah kamu lakukan. Hal ini dapat membantumu dalam melakukan verifikasi transaksi yang bermasalah di kemudian hari.

12. Perhatikan Biaya Transaksi

Perlu diingat, untuk setiap transaksi yang kamu lakukan di digital wallet Dana, terdapat biaya yang perlu dibayarkan. Pastikan kamu memahami biaya yang dikenakan agar tidak terjadi kebingungan pada saat melakukan transaksi.

13. Aktifkan Fitur Autodebet

Agar lebih mudah dalam membayar tagihan bulanan, kamu bisa mengaktifkan fitur autodebet di digital wallet Dana. Dengan fitur ini, tagihan bulanan seperti listrik, air, internet, dan lain-lain akan otomatis terpotong dari saldo Dana kamu.

14. Gunakan Digital Wallet Dana untuk Belanja

Digital wallet Dana juga dapat digunakan untuk melakukan pembelian pada merchant atau toko online yang menyediakan pembayaran dengan digital wallet Dana. Gunakan fitur ini untuk memudahkan pembayaran dalam kegiatan belanja online kamu.

15. Lakukan Verifikasi Identitas

Untuk dapat menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh digital wallet Dana, pastikan kamu telah melakukan verifikasi identitas dengan baik. Verifikasi identitas yang dilakukan dengan baik dapat membantu meningkatkan keamanan akun kamu.

16. Periksa Jaringan ATM

Sebelum melakukan transaksi di ATM, pastikan kamu telah memeriksa jaringan ATM yang tersedia untuk pengambilan uang lewat Dana. Pastikan jaringan ATM tersebut terjangkau dan mudah diakses dari lokasi kamu.

17. Periksa Jam Operasional ATM

Setiap ATM memiliki jam operasional yang berbeda-beda. Pastikan kamu telah memeriksa jam operasional ATM yang akan kamu gunakan agar tidak terjadi kebingungan pada saat melakukan pengambilan uang lewat Dana.

18. Gunakan ATM yang Terpercaya

Pastikan kamu selalu menggunakan ATM yang terpercaya saat melakukan pengambilan uang lewat Dana. Hal ini dapat membantu mencegah penipuan dan tindakan kejahatan lainnya pada saat kamu melakukan transaksi.

19. Perhatikan Ketersediaan Uang di ATM

Sebelum melakukan transaksi, pastikan kamu telah memeriksa ketersediaan uang di ATM tersebut agar tidak terjadi kebingungan atau masalah saat transaksi sedang dilakukan.

20. Pastikan Nomor HP Sudah Terdaftar di Dana

Sebelum melakukan transaksi pengambilan uang di ATM lewat Dana, pastikan kamu telah mendaftarkan nomor handphone kamu pada aplikasi Dana. Hal ini diperlukan agar kamu bisa melakukan transaksi dengan mudah dan cepat.

21. Pastikan Nomor HP Terkoneksi dengan Kartu ATM

Sebelum melakukan transaksi pengambilan uang di ATM lewat Dana, pastikan nomor handphone kamu sudah terkoneksi dengan kartu ATM yang akan kamu gunakan. Hal ini diperlukan agar transaksi bisa berjalan lancar dan aman.

22. Periksa Ulang Nominal yang Akan Ditarik

Sebelum menarik uang di ATM lewat Dana, pastikan kamu telah memeriksa ulang nominal pengambilan uang agar tidak terjadi kesalahan atau kebingungan pada saat transaksi sedang dilakukan.

23. Jangan Berikan Nomor PIN pada Orang Lain

Untuk menjaga keamanan akun kamu, jangan pernah memberikan nomor PIN kamu pada orang lain. Hal ini dapat membantu mencegah penipuan dan tindakan kejahatan lainnya pada akun kamu.

24. Simpan Bukti Transaksi dengan Baik

Sebagai bukti transaksi yang telah kamu lakukan, pastikan kamu selalu menyimpan struk atau notifikasi transfer dengan baik. Hal ini akan sangat membantu kamu jika terjadi masalah pada transaksi yang telah kamu lakukan di kemudian hari.

25. Hubungi Pihak Dana Jika Terjadi Masalah

Jika terjadi masalah pada saat kamu melakukan transaksi di digital wallet Dana atau pengambilan uang lewat Dana di ATM, jangan ragu untuk menghubungi pihak Dana. Pihak Dana akan siap membantu kamu dengan masalah yang sedang kamu alami.

Kesimpulan

Dengan mengikuti beberapa langkah dan tips di atas, kamu bisa dengan mudah mengambil uang di ATM lewat Dana. Pastikan kamu selalu memeriksa ketersediaan saldo Dana dan periksa ulang nominal uang yang akan kamu ambil untuk menghindari kesalahan pada saat melakukan transaksi. Selalu utamakan keamanan akun kamu dan jangan lupa untuk selalu menghubungi pihak Dana jika terjadi masalah pada saat kamu melakukan transaksi.