Cara Mengambil Uang di ATM Tanpa PIN
Cara Mengambil Uang di ATM Tanpa PIN

Cara Mengambil Uang di ATM Tanpa PIN

Mengalami Kesulitan Mencari PIN?

Mengingatkan kembali mengenai PIN ATM mungkin terdengar memalukan, tapi jangan khawatir – ini sesuatu yang sering terjadi pada banyak orang. Pertama-tama, coba ingat-ingat lagi. Mungkin ada beberapa angka atau kombinasi yang menurutmu mungkin bisa digunakan. Jika masih tidak bisa membuka, cobalah masuk ke layanan online bankmu dan lihat bagaimana cara mereset PIN ATM. Ada beberapa metode, tergantung pada bankmu.

Selain itu, sebenarnya kamu juga bisa mengambil uang tunai tanpa menggunakan PIN. Beberapa bank memiliki fitur ini, di mana kamu cukup menggunakan kartu kredit untuk mengambil uang tunai dari ATM. Akan tetapi, pastikan lagi bahwa kamu tahu bagaimana cara kerja dan biaya yang terkait dengan fitur ini sebelum mencobanya.

Jika semua gagal, mungkin sudah saatnya untuk menghubungi pihak bank dan meminta bantuan. Mungkin mereka bisa membantumu mereset PIN dan mengembalikan akses ke akunmu.

Memakai Verifikasi Sidik Jari

Beberapa bank saat ini sudah memiliki fitur untuk mengambil uang tunai tanpa menggunakan PIN, melainkan menggunakan verifikasi sidik jari. Caranya sangat mudah, cukup masukkan kartu ATM ke mesin dan tunjukkan sidik jari kamu. Pastikan terlebih dahulu bahwa kartu ATM kamu sudah terdaftar dan terhubung dengan sidik jari kamu. Beberapa bank juga menawarkan fitur ini melalui aplikasi mobile banking.

Kelemahan dari metode ini tentunya adalah jika sidik jari kamu tidak terdaftar, maka kamu tetap tidak bisa mengambil uang tunai. Selain itu, jangan khawatir apabila kamu tidak memiliki tangan, beberapa mesin ATM juga sudah dilengkapi dengan fitur pengenalan wajah.

Berlaku untuk kartu ATM dengan chip dan Anda harus mengaktifkan fitur verifikasi sidik jari pada aplikasi mobile banking atau dengan meregistrasi sidik jari anda ke mesin ATM di bank anda

Menggunakan Nomor Rekening

Salah satu opsi lainnya adalah menggunakan nomor rekeningmu saat mengambil uang tunai. Cari tahu terlebih dahulu apakah bank tempatmu memiliki fitur ini. Cukup masukkan nomor rekeningmu ke mesin ATM dan pilih opsi untuk mengambil uang tunai tanpa menggunakan kartu ATM. Tentunya, metode ini tidak akan berhasil jika kamu tidak tahu nomor rekeningmu atau jika nomor tersebut belum terhubung dengan kartu ATM.

Hal yang perlu diingat adalah, meskipun kamu berhasil mengambil uang tunai dengan metode ini, masih diperlukan verifikasi keamanan lainnya seperti tanda tangan atau kode OTP melalui SMS atau email. Pastikan kamu tahu cara mengaktifkan atau mendapatkan kode OTP serta tanda tangan terkait dengan nomor rekeningmu.

Agar lebih aman dalam menggunakan fitur nomor rekening, jangan bergantung pada tulisan tangan saja saat menandatangani transaksi. Sebaiknya gunakan PIN lisan yang kamu sendiri yang hanya kamu yang bisa mengetahui.

Kesimpulan

Memang terkadang kita lupa dengan PIN kartu ATM, tapi jangan khawatir. Metode alternatif di atas bisa kamu terapkan untuk tetap bisa mengambil uang di ATM. Pastikan kamu mengetahui setiap kebijakan dan biaya yang diberlakukan untuk masing-masing metode sebelum mencobanya. Dan yang paling penting, jangan lupa untuk menjaga keamanan data kamu agar tidak jatuh ke tangan yang salah. Selamat mencoba!