Cara Kirim Uang dari Malaysia ke Indonesia Lewat Western Union
Cara Kirim Uang dari Malaysia ke Indonesia Lewat Western Union

Cara Kirim Uang dari Malaysia ke Indonesia Lewat Western Union

Pengertian Western Union

Western Union merupakan sebuah perusahaan layanan keuangan internasional yang memungkinkan setiap orang untuk mengirim dan menerima uang dari dan ke negara mana saja di dunia. Western Union memiliki lebih dari 550.000 agen di seluruh dunia dan layanan yang sangat cepat.

Perusahaan Western Union ini biasanya digunakan oleh seorang ekspatriat atau pekerja migran yang ingin mengirimkan uang ke keluarga yang tinggal di Indonesia. Bagaimana cara mengirimkan uang melalui Western Union dari Malaysia ke Indonesia? Berikut adalah rincian langkah-langkahnya.

Penting untuk diketahui, Western Union juga menyediakan layanan pengiriman uang di luar negeri melalui internet banking. Untuk bisa menggunakan layanan ini, Anda harus membuat akun Western Union terlebih dahulu.

Persiapan sebelum Mengirimkan Uang

Persiapkan dokumen saat Anda ingin melakukan pengiriman uang melalui Western Union. Dokumen yang harus dilengkapi yaitu KTP, paspor, atau kartu identitas lainnya yang diterbitkan oleh pemerintah. Pastikan juga nomor telepon dan alamat yang dimasukkan sudah benar dan lengkap.

Cari agen Western Union terdekat di Malaysia. Anda bisa mencari agen tersebut secara online melalui situs resmi Western Union atau dengan mengecek melalui aplikasi mobile Western Union yang tersedia di App Store atau Google Play Store.

Setelah dokumen dan agen Western Union yang terdekat telah dipersiapkan, selanjutnya Anda bisa melakukan pengiriman uang ke Indonesia.

Cara Mengirimkan Uang melalui Western Union

Pertama, datanglah ke kantor Western Union terdekat dan isi formulir yang diberikan oleh petugas. Formulir tersebut biasanya berisi data penerima, jumlah uang yang dikirim, dan informasi kontak Anda.

Setelah mengisi formulir, berikan uang tunai kepada petugas Western Union dan tunggu hingga transaksi selesai diproses oleh petugas. Petugas Western Union akan memberikan kode transaksi sebagai bukti bahwa uang sudah berhasil dikirimkan ke penerima. Simpanlah kode transaksi tersebut dengan baik.

Informasikan kode transaksi tersebut kepada penerima uang serta berikan informasi mengenai alamat kantor Western Union tempat menerima uang. Penerima uang di Indonesia dapat menerima uang tersebut dengan membawa dokumen yang diperlukan dan kode transaksi tersebut ke agen Western Union terdekat di Indonesia.

Kesimpulan

Dengan cara ini, Anda bisa mengirimkan uang dari Malaysia ke Indonesia dengan mudah dan cepat melalui Western Union. Pastikan selalu memeriksa kantor Western Union terdekat dan dokumen yang diperlukan sebelum mengirimkan uang melalui Western Union.