Cara Ikan Lele Mencari Makan
Cara Ikan Lele Mencari Makan

Cara Ikan Lele Mencari Makan

Cara Ikan Lele Mencari Makan

1. Habitat Ikan Lele

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak ditemukan di Indonesia. Habitat ikan lele biasanya adalah di perairan yang tenang seperti sungai, danau, maupun kolam. Ikan lele juga bisa hidup di air yang lebih keruh, namun mereka cenderung memilih tempat yang memiliki sedikit aliran untuk mencari makan.

Di alam liar, ikan lele mencari makan di dasar perairan dengan mengorek lubang-lubang kecil di dasar sungai atau danau. Namun, ikan lele yang dipelihara di kolam atau tambak tidak melakukan hal yang sama. Ikan lele di kolam atau tambak hanya mencari makan di permukaan air dan di bagian dekat permukaan, kecuali ketika mereka merasa lapar dan tidak keberatan merangkak ke dasar kolam.

Untuk itu, penting bagi pemelihara ikan lele untuk memberikan pakan yang cukup dan berkualitas pada ikan lele agar mereka tidak merasa lapar dan mencari makan di bagian dasar kolam.

2. Makanan Ikan Lele

Ikan lele merupakan pemakan segala, artinya mereka makan hampir semua jenis makanan seperti sayuran, buah-buahan, invertebrata, dan ikan kecil. Namun, ikan lele lebih memilih makanan yang mudah dicerna seperti cacing, ulat, jentik nyamuk, dan plankton.

Untuk ikan lele yang dipelihara, pakan yang paling sering diberikan adalah pelet. Pelet yang baik untuk ikan lele harus mengandung nilai gizi yang cukup dan mudah dicerna oleh ikan. Sedangkan untuk pakan alami, biasanya diberikan di pagi dan sore hari. Pakan alami tidak hanya membuat ikan lele lebih sehat, tapi juga meningkatkan kualitas daging yang dihasilkan.

Pemilik tambak atau kolam ikan lele juga bisa memberikan pakan tambahan seperti ampas tahu, jagung, atau ampas kelapa. Akan tetapi, pastikan pakan tambahan yang diberikan tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan ikan lele.

3. Cara Ikan Lele Mencari Makan

Salah satu cara ikan lele mencari makan adalah dengan menghirup air di permukaan dan mencari makanan yang terapung. Selain itu, ikan lele juga bisa “memancing” makanan dengan membentuk gelembung-gelembung udara di bawahnya. Gelembung-gelembung udara ini membuat makanan terangkat dan ikan lele dengan cepat menangkapnya.

Saat lapar, ikan lele juga bisa melompat keluar dari air untuk menangkap serangga atau invertebrata yang terbang di sekitar kolam atau tambak ikan lele. Beberapa ikan lele bahkan cenderung memukul makanannya dengan ekornya untuk mengejar dan menangkap makanan yang tidak terlalu cepat bergerak.

Meskipun ikan lele adalah pemakan segala, pemilik ikan lele harus tetap memperhatikan pemberian pakan yang tepat dan tidak berlebihan. Memberikan pakan yang berlebihan bisa membuat air di kolam atau tambak menjadi kotor, dan akhirnya merugikan ikan lele sendiri.

Kesimpulan

Itulah cara ikan lele mencari makan dalam lingkungan hidupnya. Untuk memelihara ikan lele dengan baik, penting bagi pemilik ikan lele untuk memberikan pakan yang cukup dan berkualitas, serta memperhatikan kondisi lingkungan hidup ikan lele. Dengan demikian, ikan lele akan tumbuh sehat dan berkualitas.