Cara Olah Ikan Tongkol
Cara Olah Ikan Tongkol

Cara Olah Ikan Tongkol

Pengenalan Ikan Tongkol

Ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan laut yang terkenal dengan dagingnya yang lezat dan berwarna merah. Ikan ini banyak ditemukan di perairan Indonesia, terutama di perairan Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara. Untuk memaksimalkan cita rasa dari ikan tongkol, dibutuhkan teknik pengolahan yang tepat. Berikut ini adalah cara olah ikan tongkol agar rasanya semakin lezat.

Pilih Ikan Tongkol Yang Segar

Langkah pertama sebelum memasak ikan tongkol adalah memastikan ikan yang akan diolah benar-benar segar. Hal ini dapat dilihat dari kecerahan warna ikan, mata yang masih bersinar, dan tidak ada bau amis yang menyengat. Jangan pula membeli ikan tongkol yang sudah dipotong lebih dulu. Sebaiknya belilah ikan tongkol yang masih utuh dan belah sendiri di rumah agar dagingnya tetap segar.

Cuci Bersih Ikan Tongkol

Setelah memastikan bahwa ikan yang akan diolah segar, langkah selanjutnya adalah mencuci bersih ikan tongkol. Gosok-gosok secara perlahan bagian dalam ikan, termasuk tulangnya, agar kotoran dan lendir yang menempel hilang. Lalu bilas dengan air bersih hingga bersih. Setelah dicuci, keringkan ikan dengan lap kering agar tidak ada kotoran atau air yang menempel.

Memotong Ikan Tongkol

Untuk mengolah ikan tongkol, sebaiknya langkah pertama dilakukan adalah memotong ikan menjadi bagian-bagian yang sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa bagian ikan tongkol yang dapat diolah seperti fillet, steak, atau potongan-potongan kecil. Hindari memotong ikan terlalu kecil sehingga terlalu mudah hancur saat dimasak.

Masak Ikan Tongkol

Setelah ikan diolah sesuai keinginan, langkah selanjutnya adalah memasak ikan tongkol. Ada banyak cara memasak ikan tongkol, seperti dijadikan steak, dipanggang, atau dicampur dengan bumbu untuk dijadikan pepes. Namun, sebaiknya jangan memasak ikan tongkol terlalu matang karena akan membuatnya keras dan kering. Ikan tongkol yang sudah matang biasanya sudah berubah warna menjadi putih terang dan tidak bening lagi. Selain itu, jangan juga gunakan api terlalu besar saat memasak agar dagingnya tetap lembut.

Jangan Buang Kulit Ikan Tongkol

Saat mengolah ikan tongkol, jangan buang kulit ikan yang masih menempel. Kulit ikan tongkol yang masih menempel dapat memberikan rasa gurih dan tektur yang lebih kenyal pada masakan. Namun, pastikan dulu kulit ikan tersebut benar-benar bersih dan tidak ada kotoran yang tersisa.

Berbagai Olahan Ikan Tongkol

Ikan tongkol dapat diolah menjadi berbagai macam masakan yang lezat dan sehat. Salah satu contohnya adalah olahan ikan tongkol dengan bumbu sambal. Cara membuatnya yaitu dengan merebus ikan tongkol selama 5-7 menit hingga matang lalu digoreng goreng dan disajikan dengan bumbu sambal. Selain itu, ikan tongkol juga dapat dibuat menjadi sate ikan tongkol, pepes ikan tongkol, atau dipanggang dengan bumbu rempah yang enak.

Tips Memilih Ikan Tongkol

Agar hasil olahan ikan tongkol semakin lezat, sebaiknya memilih ikan tongkol yang masih segar. Beberapa tips memilih ikan tongkol yang segar yaitu sebagai berikut. Pertama, pilihlah ikan yang masih utuh dan sepertinya belum lama dipotong. Kedua, cek kecerahan warna ikan, biasanya ikan tongkol yang segar memiliki warna merah segar dan tidak suram. Ketiga, pastikan mata ikan masih bersinar dan tidak keruh. Terakhir, perhatikan juga bau yang dikeluarkan ikan, ikan segar biasanya tidak memiliki bau amis yang menyengat.

Simpan Ikan Tongkol Dengan Baik

Setelah membeli ikan tongkol, pastikan segera membungkusnya dengan plastik dan simpan dalam lemari es. Hindari meletakkan ikan tongkol di suhu ruang terlalu lama karena akan membuat ikan cepat rusak. Jika ingin menyimpan dalam jangka waktu yang lama, usahakan untuk membekukan ikan terlebih dahulu agar lebih awet.

Jangan Gunakan Bahan Pengawet Berlebih

Banyak orang yang menggunakan bahan pengawet berlebih saat mengolah ikan tongkol agar lebih tahan lama. Namun, penggunaan bahan pengawet yang berlebihan dapat membuat ikan tongkol menjadi tidak sehat dan bahkan menyebabkan penyakit. Sebaiknya gunakan bahan pengawet secukupnya dan hindari penggunaan bahan pengawet yang mengandung zat berbahaya.

Kombinasikan Ikan Tongkol Dengan Sayuran Segar

Ikan tongkol yang diolah menjadi masakan lebih lezat saat dicampur dengan sayuran segar. Sayuran segar dapat memberikan rasa yang lebih seimbang pada masakan serta membuatnya lebih sehat. Beberapa sayuran yang cocok dicampur dengan ikan tongkol yaitu cabai hijau, bawang putih, tomat, daun bawang, dan wortel.

Cobalah Berbagai Resep Ikan Tongkol

Terkadang kita bosan dengan olahan ikan tongkol yang itu-itu saja. Cobalah mencari berbagai macam resep ikan tongkol yang lain agar tetap terangsang selera makan keluarga. Beberapa resep yang bisa dicoba yaitu sate ikan tongkol, pepes ikan tongkol, sup ikan tongkol, atau ikan tongkol goreng tepung. Dengan mencoba berbagai macam resep, kita juga bisa mengetahui mana yang paling disukai oleh keluarga.

Tambahkan Bumbu Sesuai Selera

Agar olahan ikan tongkol semakin lezat, tambahkan bumbu-bumbu yang sesuai dengan selera. Bumbu yang biasa digunakan untuk ikan tongkol yaitu bawang putih, bawang merah, cabai merah, cabai hijau, jahe, dan kemiri. Namun, jangan terlalu banyak menggunakan bumbu karena bisa membuat rasa ikan tongkol menjadi terlalu kuat.

Hindari Memasak Terlalu Lama

Hindari memasak ikan tongkol terlalu lama karena dapat membuat daging ikan menjadi keras dan kering. Apabila ingin mencoba resep yang memerlukan waktu memasak yang lama, sebaiknya gunakan api kecil dan tambahkan air secukupnya agar ikan tidak cepat kering. Setelah matang, segera angkat ikan dari panci agar tidak terlalu matang.

Penyajian Ikan Tongkol

Penyajian ikan tongkol juga mempengaruhi cita rasa dari masakan. Ikan tongkol yang telah matang dapat disajikan dengan taburan seledri, tomat, atau irisan jeruk nipis agar terlihat lebih segar. Selain itu, jangan lupa menyajikan nasi putih hangat sebagai pelengkap ikan tongkol.

Simpan Dalam Wadah Bersih

Setelah selesai dimasak, sebaiknya segera memindahkan sisa ikan tongkol ke dalam wadah yang bersih dan rapat. Hindari menyimpan ikan tongkol dalam suhu ruang terlalu lama karena akan membuat ikan tongkol cepat rusak dan berbau.

Sehat Dan Lezat

Ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan yang sangat sehat. Selain itu, ikan tongkol juga mudah diolah dan cocok untuk berbagai macam masakan. Dengan mengikuti cara olah ikan tongkol yang tepat, ikan tongkol bisa menjadi hidangan yang sehat dan lezat bagi keluarga.

Kesimpulan

Ikan tongkol adalah salah satu ikan yang paling diminati oleh orang Indonesia. Ikan ini mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional maupun supermarket, namun perlu melakukan langkah-langkah untuk memilih ikan yang segar. Setelah dipilih, hilangkan kotoran dan lendir yang ada, kemudian potong ikannya sesuai kebutuhan sebelum dimasak. Gunakan bahan pengawet secukupnya dan hindari penggunaan bahan pengawet yang mengandung zat berbahaya. Ikan tongkol yang diolah dengan bumbu yang pas dan waktu masak yang tepat akan menghasilkan masakan yang lezat dan sehat.