Cara Olah Ikan Pari yang Mudah dan Enak
Cara Olah Ikan Pari yang Mudah dan Enak

Cara Olah Ikan Pari yang Mudah dan Enak

Pilih Ikan Pari yang Segar

Ikan pari merupakan ikan yang sering diolah menjadi hidangan lezat dan gurih. Namun, sebelum memasak ikan pari, pastikan kamu memilih ikan yang segar. Cara memilih ikan pari yang segar adalah dengan memeriksa kondisi fisiknya. Pastikan kulit ikan tidak lembek dan warnanya masih cerah. Selain itu, perhatikan juga aroma ikan, pastikan ikan pari tidak berbau anyir atau amis.

Jika kamu ingin membeli ikan pari di pasar tradisional, carilah pedagang yang terpercaya dan sudah dikenal oleh banyak orang. Sebaiknya hindari membeli ikan pari di tempat yang tidak terjamin kebersihannya atau tidak memiliki sertifikasi yang jelas.

Setelah membeli ikan pari, bawa pulang ikan secepat mungkin dan simpan di tempat yang dingin seperti lemari pendingin agar ikan tetap segar sebelum diolah.

Bersihkan Ikan dengan Baik

Langkah selanjutnya dalam olah ikan pari adalah membersihkan ikan dengan baik. Pertama, bersihkan ikan dari sisiknya menggunakan pisau. Usahakan untuk membersihkan hingga ke seluruh bagian ikan pari sehingga tidak ada sisik yang tertinggal.

Setelah bersih dari sisik, cuci ikan pari dengan air mengalir sampai bersih, lalu buang bagian perut dan kepala. Jangan lupa untuk membersihkan insang ikan dengan hati-hati agar tidak ada bagian yang tertinggal. Bilas ikan pari dengan air bersih kembali dan tiriskan.

Setelah ikan sudah bersih, kamu bisa memotong ikan menjadi bagian-bagian kecil yang siap diolah. Kamu bisa memotong ikan menjadi bagian fillet, irisan, atau sesuai dengan resep yang ingin kamu buat.

Berbagai Olahan Ikan Pari yang Enak

Ada banyak cara memasak ikan pari yang enak dan beragam. Beberapa olahan ikan pari yang populer di Indonesia adalah ikan pari bakar, gulai ikan pari, pepes ikan pari, atau asam padeh ikan pari.

Untuk membuat ikan pari bakar, kamu bisa memanaskan panggangan atau teflon terlebih dahulu. Beri sedikit minyak pada panggangan atau teflon, lalu masukkan ikan pari. Panggang ikan sampai matang dan berwarna kecoklatan. Sajikan dengan nasi dan sambal hijau.

Jika ingin membuat gulai ikan pari, kamu bisa memasak santan dengan bumbu rempah seperti lengkuas, daun jeruk, dan cabai merah. Masukkan ikan pari kedalam kuah santan dan biarkan masak hingga kuah meresap ke dalam ikan. Sajikan dengan nasi putih hangat dan taburan bawang goreng.

Itulah beberapa olahan ikan pari yang enak dan mudah dibuat. Kamu bisa mencoba resep sesuai dengan selera dan kreasi masing-masing. Selamat mencoba!

Kesimpulan

Ikan pari adalah salah satu jenis ikan yang lezat dan gurih jika diolah dengan tepat. Pastikan kamu memilih ikan pari yang segar dan membersihkannya dengan baik sebelum diolah. Ada banyak resep olahan ikan pari yang bisa kamu coba, seperti bakar, gulai, atau pepes. Selamat mencoba dan nikmati hidangan lezat dari ikan pari!