Cara Penanganan Ikan yang Baik (CPIB)
Cara Penanganan Ikan yang Baik (CPIB)

Cara Penanganan Ikan yang Baik (CPIB)

Pengenalan

Ikan merupakan bahan makanan yang kaya akan nutrisi dan sangat populer di seluruh dunia. Namun, kadang-kadang ikan yang kita beli dengan susah payah bisa saja menjadi busuk atau bahkan beracun, yang dapat membahayakan kesehatan kita. Untuk menghindari hal ini, kita perlu mempelajari CPIB atau cara penanganan ikan yang baik. CPIB akan membantu kita memilih ikan yang sehat dan segar, serta mempraktikkan metode penanganan yang tepat agar ikan tetap segar dan lezat.

Pertama-tama, saat memilih ikan, pastikan untuk memeriksa mata dan kulit ikan. Mata ikan yang sehat akan terlihat jernih dan berkerlap-kerlip, sedangkan kulit ikan yang segar akan terlihat basah dan mengkilap. Hindari memilih ikan dengan mata yang sayu atau kulit yang terlihat kusam atau bersisik. Selain itu, pastikan ikan dipajang di tempat yang dingin dan bersih, dengan suhu antara 0-4 derajat Celsius.

Saat membawa ikan pulang, pastikan untuk menghindari menumpuk ikan satu sama lain. Ikan yang tertekan atau terjepit dapat merusak kualitas ikan. Selain itu, jangan biarkan ikan terlalu lama dalam kemasan aslinya, dan pastikan untuk membungkus ikan dalam kantong plastik atau kertas pembungkus yang tahan air.

Setelah sampai di rumah, segera cuci ikan dengan air dingin dan garam, dan letakkan di bawah air mengalir selama beberapa menit. Kemudian, bersihkan ikan dengan pisau dan gunting, dan buang bagian yang tidak diinginkan, seperti kepala, ekor, dan insang. Setelah dibersihkan, simpan ikan dalam lemari es dengan suhu yang terkontrol dan pastikan untuk mengonsumsi dalam waktu dua hari.

Perawatan

Setelah memilih dan membawa ikan pulang, perawatan dan penanganan yang tepat akan sangat penting untuk menjaga kualitas ikan. Berikut adalah beberapa tips CPIB yang dapat membantu Anda mempertahankan kualitas ikan:

Pertama-tama, pastikan untuk menyimpan ikan dalam kotak atau wadah yang tahan air dan mudah dibersihkan. Hindari menyimpan ikan bersama dengan bahan makanan lainnya, terutama buah-buahan dan sayuran, yang dapat memicu proses pembusukan ikan. Selain itu, pastikan kotak atau wadah ikan selalu dalam kondisi bersih dan kering.

Kedua, pastikan ikan disimpan dalam suhu yang tepat. Suhu yang terlalu panas dapat mempercepat proses pembusukan, sedangkan suhu yang terlalu dingin dapat membekukan ikan. Suhu yang optimal untuk menyimpan ikan adalah antara 0-4 derajat Celsius

Terakhir, pastikan untuk menghindari menyimpan ikan terlalu lama. Ikan yang sudah terlalu lama disimpan dapat menjadi busuk atau bahkan beracun, yang dapat membahayakan kesehatan kita. Sebaiknya gunakan ikan yang disimpan dalam waktu dua hari setelah dibersihkan, atau segera konsumsi ikan yang masih segar

Kesimpulan

Dengan mempelajari CPIB atau cara penanganan ikan yang baik, Anda dapat memastikan ikan yang Anda beli tetap segar dan sehat. Dengan memilih ikan yang sehat dan segar, serta mempraktikkan metode penanganan yang tepat, Anda dapat menghindari masalah seperti ikan yang busuk atau beracun, dan memaksimalkan rasa dan kualitas ikan Anda. Jangan lupa untuk mempraktikkan CPIB setiap kali membeli dan menyimpan ikan, dan nikmati hidangan ikan yang lezat dan sehat!