Ikan Mas Berkembang Biak dengan Cara Ovipar, Vivipar atau Ovovivipar
Ikan Mas Berkembang Biak dengan Cara Ovipar, Vivipar atau Ovovivipar

Ikan Mas Berkembang Biak dengan Cara Ovipar, Vivipar atau Ovovivipar

1. Apa itu Ikan Mas?

Ikan Mas merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang paling populer di Indonesia. Ikan ini memiliki tubuh yang bulat dan lentur dengan warna coklat keemasan pada bagian atasnya, dan putih keperakan pada bagian bawahnya.

Ikan Mas dapat tumbuh hingga mencapai panjang 30 cm dan berat 1 kg. Ikan ini juga memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan berbagai kondisi air, sehingga sering dijadikan sebagai ikan hias atau untuk konsumsi manusia.

Namun, tahukah Anda bahwa ikan Mas juga memiliki kemampuan untuk berkembang biak dengan berbagai cara? Berikut penjelasannya.

2. Cara Ovipar pada Ikan Mas

Cara ovipar pada ikan Mas adalah dengan melepaskan telur yang kemudian dibuahi oleh sperma yang dilepaskan oleh ikan jantan. Setelah itu, telur akan menetas menjadi larva ikan yang mengapung di permukaan air. Telur ikan Mas yang baru menetas memiliki warna kuning transparan dan ukurannya kecil sekitar 1-2 mm.

Setelah larva menetas, ikan mas yang baru berekor muncul dari telur tersebut akan membutuhkan kehati-hatian dalam pemeliharaan. Hal ini dikarenakan ikan mas yang baru menetas masih sangat rentan terhadap berbagai kondisi lingkungan, termasuk keberadaan predator.

Cara ovipar ini umumnya dilakukan oleh ikan Mas yang hidup di sungai atau danau yang memiliki kondisi air yang baik dan stabil.

3. Cara Vivipar pada Ikan Mas

Cara vivipar pada ikan Mas adalah dengan mengandungkan telur di dalam tubuh betina dan mengekstrak nutrisi yang dibutuhkan dari ikan jantan secara langsung. Saat ikan mas betina melahirkan, biasanya sudah terdapat sejumlah larva yang siap bertahan hidup di alam bebas.

Cara ini umumnya terjadi pada ikan mas yang hidup di tempat yang tidak terlalu jauh dari pantai. Pada umumnya, ikan mas yang berkembang biak dengan cara vivipar akan memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan ikan mas yang berkembang biak dengan cara ovipar. Namun, cara ini cenderung lebih sulit dilakukan dalam pemeliharaan ikan mas di dalam akuarium.

Meski sulit dalam pemeliharaannya, namun cara ini menjadi pilihan bagi sebagian para pemelihara ikan mas yang ingin memperoleh ikan mas dengan kualitas yang lebih baik.

4. Cara Ovovivipar pada Ikan Mas

Cara ovovivipar pada ikan Mas adalah dengan cara melepaskan telur yang kemudian menetas di dalam tubuh ikan betina. Setelah itu, larva ikan mas yang telah menetas akan berenang mengikuti aliran darah ikan betina hingga siap lahir.

Cara ini merupakan cara yang unik dan di luar dugaan bagi sebagian orang, sebab larva ikan mas tumbuh di dalam tubuh ikan betina. Cara ovovivipar pada ikan mas ini biasanya terjadi pada ikan mas yang hidup di perairan bertemperatur sedang dan kaya akan sumber nutrisi.

Cara ovovivipar ini cenderung lebih sering terjadi pada ikan predator yang membutuhkan perlindungan lebih dari predator lainnya, termasuk ikan mas.

Kesimpulan

Jadi, ikan Mas dapat berkembang biak dengan tiga cara yaitu ovipar, vivipar, dan ovovivipar. Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung pada kondisi lingkungan dan jenis ikan Mas itu sendiri.

Dalam pemeliharaan ikan Mas, perlu dipertimbangkan cara berkembang biak mana yang akan dijalankan agar dapat memaksimalkan jumlah dan kualitas ikan Mas yang dihasilkan.

Namun, yang pasti ikan Mas merupakan ikan yang mudah berkembang biak, sehingga pemeliharaannya tidak terlalu sulit bagi para peternak ikan.