Ikan Pari Berkembang Biak dengan Cara Ovipar, Vivipar, atau Ovovivipar
Ikan Pari Berkembang Biak dengan Cara Ovipar, Vivipar, atau Ovovivipar

Ikan Pari Berkembang Biak dengan Cara Ovipar, Vivipar, atau Ovovivipar

Ovipar

Ikan pari jenis ovipar adalah jenis ikan pari yang berkembang biak melalui bertelur. Proses berkembang biak ini dimulai dengan memilih pasangan induk yang akan bertelur. Setelah memilih pasangan, ikan pari akan mencari tempat yang cocok untuk menaruh telurnya. Setelah itu, ikan pari betina akan menaruh telurnya di substrate atau media yang telah dipilihnya. Proses pengeraman telur ikan pari sendiri memakan waktu kurang lebih 4-8 minggu hingga akhirnya menetas dan menjadi anak ikan pari yang siap untuk hidup mandiri.

Ikan pari jenis ovipar umumnya terdiri dari variasi spesies seperti Pari Ensis, Pari Banjo, dan Pari Laut. Ikan pari jenis ini biasanya hidup di perairan ekosistem terumbu karang. Dalam habitat tersebut, ikan pari jenis ovipar akan mencari pasangan yang cocok dan menempatkan telurnya pada substrat karang.

Kelebihan dari cara berkembang biak ikan pari jenis ovipar adalah lebih mudah dikendalikan terutama dalam proses pemanenan telur ikan pari untuk dipasarkan. Namun, kerugiannya adalah perlunya tempat bertelur yang memadai untuk mendukung pertumbuhan ikan pari.

Vivipar

Ikan pari jenis vivipar merupakan jenis ikan pari yang berkembang biak melalui cara melahirkan anaknya. Cara berkembang biak jenis ini dimulai dengan memilih pasangan yang sesuai untuk menghasilkan keturunan. Setelah itu, ikan pari betina akan menghasilkan embrio di dalam tubuhnya yang didukung oleh akses makanan yang berasal dari plasenta.

Proses melahirkan ikan pari jenis vivipar sendiri umumnya memakan waktu lebih dari 6 bulan sampai akhirnya ikan pari betina melahirkan anak ikan pari yang siap hidup mandiri. Beberapa jenis ikan pari yang biasa menggunakan cara berkembang biak vivipar antara lain Pari Cincin, Pari Bintang, dan Pari Mata).

Kelebihan dari cara berkembang biak ikan pari jenis vivipar adalah anak ikan pari yang lahir sudah lebih siap untuk bertahan hidup di lingkungan perairan yang lebih keras. Sedangkan kelemahannya adalah proses melahirkan yang relatif lama dan harus dipantau dengan baik untuk mendapatkan hasil yang baik.

Ovovivipar

Ikan pari jenis ovovivipar adalah jenis ikan pari yang berkembang biak melalui cara menghasilkan embrio di dalam tubuhnya dan menempatkannya di dalam kapsul yang kemudian menetas di luar tubuh induknya. Proses berkembang biak jenis ini dimulai dengan memilih pasangan yang sesuai untuk menghasilkan keturunan. Setelah itu, ikan pari betina akan menghasilkan embrio di dalam tubuhnya yang kemudian dikeluarkan dalam kapsul. Selama beberapa waktu, kapsul tersebut akan mengalami inkubasi hingga akhirnya menetas menjadi anak ikan pari yang siap untuk hidup mandiri.

Beberapa jenis ikan pari yang biasa menggunakan cara berkembang biak ovovivipar antara lain Pari Manta, Pari Tali, dan Pari Ubur-ubur. Dalam habitat tersebut, ikan pari jenis ovovivipar akan mencari pasangan yang cocok dan melakukan persenyawaan telur. Setelah itu, embrio akan tumbuh di dalam tubuh induk sehingga menghasilkan anak ikan pari.

Kelebihan dari cara berkembang biak ikan pari jenis ovovivipar adalah telur ikan pari yang lebih aman dari predator karena berkembang di dalam tubuh induknya. Di sisi lain, cara ini lebih sulit dikendalikan karena pembuahan dan pembuahan embrio berada di dalam tubuh induknya.

Kesimpulan

Dalam artikel ini telah dibahas tiga jenis cara berkembang biak ikan pari yakni ovipar, vivipar, dan ovovivipar. Setiap jenis berkembang biak ikan pari memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing yang harus dipertimbangkan sebelum memilih yang mana yang paling sesuai. Namun, tiga jenis berkembang biak ikan pari tersebut membawa dampak positif dalam menjaga populasi ikan pari agar tetap bertahan di lingkungan perairan.