Cara Beranak atau Bertelur Ikan Pari
Cara Beranak atau Bertelur Ikan Pari

Cara Beranak atau Bertelur Ikan Pari

Pengenalan

Ikan pari, atau disebut juga dengan stingray, merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di perairan laut. Ikan pari umumnya memiliki tubuh pipih dan memiliki ekor yang panjang. Selain itu, ikan pari juga memiliki ciri khas yaitu adanya duri tajam di bagian ekornya. Ikan pari dapat berkembang biak dengan dua cara, yaitu dengan cara beranak atau bertelur. Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara beranak atau bertelur ikan pari.

Cara Beranak Ikan Pari

Ikan pari betina akan melahirkan anaknya secara langsung, hal ini berbeda dengan ikan lain yang bertelur. Cara beranak ikan pari adalah sebagai berikut. Pertama-tama, ikan pari betina akan memproduksi telur di dalam tubuhnya. Setelah itu, telur tersebut akan menetas di dalam tubuh ikan pari betina dan anak ikan pari tersebut akan keluar dengan cara melalui lubang kelamin betina.

Setelah anak ikan pari tersebut keluar dari tubuh betina, ia akan menempel pada kulit ibunya dengan bantuan jaringan yang disebut umbilical cord. Anak ikan pari tersebut akan menempel pada ibunya selama beberapa waktu, hingga ia memiliki keseimbangan sendiri dalam hidupnya. Setelah itu, ia akan berenang menjauh dari ibunya dan hidup mandiri di laut.

Cara Bertelur Ikan Pari

Cara bertelur ikan pari adalah dengan meletakkan telurnya di dalam sarang yang dibuat oleh ikan pari jantan. Sarang tersebut biasanya dibuat dengan cara menimbun lumpur di dasar laut. Setelah sarang tersebut selesai, ikan pari betina akan memasukkan telurnya ke dalam sarang tersebut.

Setelah telur ikan pari diletakkan di dalam sarang, ikan pari jantan akan menjaga dan mengawasi telur tersebut. Ikan pari jantan akan melindungi sarang dan menjaga suhu telur agar tetap stabil. Telur ikan pari akan menetas selama kurang lebih 3 bulan setelah diletakan di dalam sarang. Setelah menetas, anak ikan pari akan berenang menjauh dari sarang dan mencari makan mandiri.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, kita dapat mengetahui bahwa ikan pari dapat berkembang biak dengan dua cara, yaitu dengan cara beranak atau bertelur. Pada cara beranak, anak ikan lahir langsung dari tubuh betina, sedangkan pada cara bertelur, telur diletakkan di dalam sarang yang dibuat oleh ikan jantan. Keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan, tergantung dari kondisi dan lingkungan hidup ikan pari tersebut.