Bagaimana Cara Mengetahui Ikan Bertelur
Bagaimana Cara Mengetahui Ikan Bertelur

Bagaimana Cara Mengetahui Ikan Bertelur

Ikan Bertelur vs. Ikan Tidak Bertelur

Mungkin kamu sudah tahu bahwa ikan bertelur adalah ikan yang dalam proses reproduksinya menghasilkan telur dan membukanya di lingkungan air. Jadi, mengetahui ikan bertelur atau tidak bisa menjadi faktor penting dalam menentukan kualitas ikan yang ingin dibeli. Namun, bagaimana cara mengetahui ikan bertelur atau tidak?

Ciri-ciri Ikan Bertelur

Salah satu ciri-ciri ikan bertelur yang paling mudah dikenali adalah dengan melihat perutnya. Ketika ikan bertelur, perutnya akan terlihat lebih penuh dan membulat. Kamu juga bisa melihat isi perut ikan tersebut dengan hati-hati, jika terbukti berisi telur yang masih utuh, maka bisa dipastikan ikan tersebut bertelur.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mengetahui ikan bertelur dengan melihat warna tubuhnya. Ikan yang sedang bertelur cenderung memiliki warna tubuh yang lebih cerah dan berkilau. Hal ini disebabkan oleh produksi hormon saat proses reproduksi yang meningkatkan kadar pigmen pada kulit ikan.

Cara Membedakan Telur Segar dan Telur Tidak Segar

Berbeda dengan telur ayam, telur ikan tidak memiliki perlindungan lapisan keras di luar telurnya. Oleh karena itu, sangat mudah membedakan apakah telur tersebut masih segar atau tidak. Telur yang segar biasanya masih berwarna jernih atau putih susu, dan juga berisi cairan bening. Sedangkan jika terlihat keruh dan berisi cairan kuning atau putih yang sudah mengental, maka bisa dipastikan telur tersebut tidak segar.

Jika kamu ingin memastikan apakah ikan yang akan dibeli sudah bertelur atau belum, kamu bisa melihat apakah ikan tersebut sudah dibersihkan dari sisa-sisa telur yang masih menempel pada perutnya. Namun, jika kamu belum yakin atau tidak bisa melihat sisa-sisa telur tersebut, kamu bisa menanyakan kepada penjual ikan atau ahli ikan di toko ikan terdekat.

Kesimpulan

Mengenali ciri-ciri ikan bertelur dan cara membedakan telur segar dan tidak segar merupakan hal yang penting untuk menentukan kualitas ikan yang ingin dibeli. Dengan mengetahui cara yang tepat, kamu bisa memilih ikan yang segar dan berkualitas untuk disajikan di hidangan keluarga atau acara kumpul-kumpul bersama teman.