Cara Mencairkan Uang E-Money dengan Mudah
Cara Mencairkan Uang E-Money dengan Mudah

Cara Mencairkan Uang E-Money dengan Mudah

Apa itu E-Money?

E-money atau uang elektronik adalah uang yang disimpan dalam bentuk digital pada suatu media, sehingga bisa digunakan untuk melakukan transaksi secara online atau offline. Kini, semakin banyak masyarakat yang menggunakan e-money sebagai pengganti uang tunai dalam bertransaksi. Namun, setelah beberapa waktu, tentunya e-money yang Anda miliki harus dicairkan menjadi uang tunai. Lantas, bagaimana caranya?

Jenis-Jenis E-Money yang Bisa Dicairkan

Terdapat berbagai jenis e-money yang dapat dicairkan, misalnya OVO, GoPay, LinkAja, dan sebagainya. Setiap jenis e-money umumnya memiliki cara pencairan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pastikan Anda mengetahui cara mencairkan masing-masing jenis e-money yang Anda miliki untuk memudahkan proses pencairan.

Cara Mencairkan E-Money ke Rekening Bank

Salah satu cara yang paling mudah untuk mencairkan e-money adalah dengan mentransfer ke rekening bank. Caranya cukup mudah, yaitu dengan membuka aplikasi e-money, memilih menu “pencairan” atau “transfer”, memilih rekening bank tujuan, dan memasukkan nominal yang ingin dicairkan. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukkan PIN atau password sebagai tanda verifikasi. Selanjutnya, Anda tinggal menunggu beberapa saat hingga uang masuk ke rekening bank Anda.

Cara Mencairkan E-Money ke Agen atau Penjual

Selain mentransfer ke rekening bank, Anda juga bisa mencairkan e-money dengan cara menemui agen atau penjual. Biasanya, agen atau penjual ini berada di sekitar tempat-tempat strategis seperti pusat perbelanjaan atau stasiun. Anda hanya perlu menukarkan e-money Anda dengan uang tunai di tempat tersebut.

Cara Mencairkan E-Money ke ATM

Cara lain yang juga cukup mudah dilakukan adalah mencairkan e-money melalui ATM. Namun, metode ini hanya bisa dilakukan jika e-money Anda terkoneksi dengan sistem ATM, seperti yang dimiliki oleh Bank Mandiri. Caranya cukup mudah, yaitu dengan memasukkan kartu ATM Bank Mandiri, memilih menu “E-Money”, memasukkan nominal yang ingin dicairkan, dan menunggu beberapa saat hingga uang tunai keluar dari mesin ATM.

Cara Mencairkan E-Money ke Virtual Account

Ada juga beberapa jenis e-money yang bisa dicairkan ke virtual account. Caranya cukup mudah, yaitu dengan membuka aplikasi e-money, memilih menu “pencairan” atau “transfer”, memilih virtual account sebagai tujuan pencairan, dan mengisi nomor virtual account beserta nominal yang ingin dicairkan. Setelah itu, Anda tinggal menunggu beberapa saat hingga uang masuk ke virtual account Anda.

Cara Mencairkan E-Money melalui Website Resmi

Beberapa jenis e-money memiliki fitur pencairan melalui website resmi. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengunjungi website resmi e-money tersebut, masuk ke akun Anda, memilih menu “pencairan” atau “transfer”, memilih jenis pencairan yang diinginkan (rekening bank atau virtual account), mengisi data-data yang diperlukan, dan menunggu beberapa saat hingga uang masuk ke rekening bank atau virtual account Anda.

Cara Mencairkan E-Money Melalui Aplikasi Rekening Bank

Banyak aplikasi rekening bank yang sudah mensupport untuk pencairan e-money, seperti BCA mobile, Mandiri online, dan sebagainya. Cara mencairkannya cukup mudah, yaitu dengan membuka aplikasi rekening bank, memilih menu “pencairan” atau “transfer”, memilih jenis e-money yang ingin dicairkan, mengisi data-data yang diperlukan, dan menunggu beberapa saat hingga uang masuk ke rekening bank Anda.

Cara Mencairkan E-Money melalui E-Wallet

E-wallet seperti DANA, OVO, GoPay, dan sebagainya juga bisa digunakan untuk mencairkan e-money. Caranya cukup mudah, yaitu dengan membuka aplikasi e-wallet, memilih menu “pencairan” atau “transfer”, memilih jenis e-money yang ingin dicairkan, mengisi data-data yang diperlukan, dan menunggu beberapa saat hingga uang masuk ke rekening bank Anda.

Cara Mencairkan E-Money melalui Seluler

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mencairkan e-money melalui seluler. Cara ini biasanya hanya bisa dilakukan pada jenis e-money tertentu saja. Caranya cukup mudah, yaitu dengan membuka aplikasi seluler yang terkoneksi dengan sistem e-money, memilih menu “pencairan” atau “transfer”, mengisi data-data yang diperlukan, dan menunggu beberapa saat hingga uang masuk ke rekening bank Anda.

Kesimpulan

Dari beberapa cara di atas, dapat disimpulkan bahwa mencairkan uang dari e-money cukup mudah. Anda bisa memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemudahan yang Anda inginkan. Namun, pastikan Anda sudah mengetahui cara mencairkan e-money dari jenis yang Anda miliki agar proses pencairan bisa berjalan dengan mulus.