Membuat Magnet Dengan Cara Elektromagnetik
Membuat Magnet Dengan Cara Elektromagnetik

Membuat Magnet Dengan Cara Elektromagnetik

Perlengkapan elektronika sekarang ini banyak sekali yg memakai magnet didalamnya. Pertama kali magnet ditemukan dalam saat 2000 tahun lalu sang Magnesia yang berasal dari Yunani. Pada awalnya bentuk magnet berupa batu alam yang sanggup menarik benda benda logam. Dari sinilah awal terbentuknya magnet. Tetapi sekarang ini kita dapat menciptakan magnet menggunakan beberapa cara seperti cara membuat magnet menggunakan induksi, cara menciptakan magnet menggunakan digosok dan cara menciptakan magnet menggunakan elektromagnetik.

🔥 Trending 🔥  Cara Sadap WA Tanpa Menyentuh HP Korban

Bagaimana cara membuat magnet yang baik & benat itu? Magnet secara generik dapat dibuat memakai beberapa cara. Cara cara yg dimaksud merupakan memakai metode gosok, induksi dan elektromagnetik. Ketiga jenis metode ini dapat dilakukan dengan langkah langkah tersendri.

Magnet sendiri mempunyai karakteristik ciri yaitu bisa menarik benda benda yg terbuat dari logam, dapat menampakan arah kutub selatan dan utara jika digantung, akan tarik menarik bila dua kutub yg tidak selaras didekatkan, akan tolak menolak apabila 2 kutub yg sama didekatkan, mempunyai kutub kutub yg gaya tariknya besar, dan mempunyai dua jenis kutub yaitu kutub selatan dan kutub utara. Nah kali ini saya akan memberikan cara menciptakan magnet dengan elektromagnetik

Cara Membuat Magnet Dengan Elektromagnetik

Cara pembuatan magnet dapat dilakukan dengan elektromagnetik (mengalirkan arus listrik). Kita dapat menciptakan magnet dengan mengalirkan listrik DC (arus listrik searah) pada sebuah penghantar. Tetapi kita juga bisa mengganti arus listrik DC menjadi arus listrik AC (arus bolak kembali). Berikut cara membuat magnet dengan elektromagnetik:

🔥 Trending 🔥  Cara Membuat Kartu Ucapan Idul Adha 2022 Twibbon

Alat & Bahan:

  • Sebuah paku yang panjangnya lima cm.
  • Dua baterai segala ukuran, baik D, C, AAA, ataupun AA.
  • Kawat besi atau kabel kumparan.
  • Beberapa paku kecil/jarum.
  • Gunting

Cara Membuat:

  • Lilitkan dawai besi/kabel kumparan dalam paku besi.
  • Jika anda menggunakan kabel kumparan, maka kupas ke 2 ujungnya menggunakan gunting.
  • Hubungkan ujung ujung kabel tadi pada kutub positif & negatif dalam baterai.
  • Setelah terselesaikan, dekatkan paku yg dililit tadi dengan paku mini /jarum.
  • Maka berdasarkan itu paku mini /jarum akan tertarik karena paku besi tadi memiliki sifat elektromagnetik.
🔥 Trending 🔥  Design Bingkai Foto Hari Kebangkitan Nasional

Elektromagnetik merupakan jenis magnet yang tergolong sementara. Hal tadi dikarenakan sifat kemagnetannya akan hilang jika arus listrik diputus. Setelah itu paku akan terlepas atau jatuh. Untuk menaikkan/memperbesar kekuatan elektromagnetiknya bisa dilakukan menggunakan cara menambah jumlah lilitan pada paku besi juga menambah jumlah baterainya.

Demikianlah penjelasan tentang cara menciptakan magnet dengan elektromagnetik. Masing masing metode pembuatan magnet tersebut memiliki tata caranya sendiri sendiri.