Cara Ambil Uang di ATM Saudi Arabia
Cara Ambil Uang di ATM Saudi Arabia

Cara Ambil Uang di ATM Saudi Arabia

Apa Saja Bank yang Tersedia di Saudi Arabia?

Untuk mengambil uang di ATM di Saudi Arabia, Anda dapat menggunakan ATM dari beberapa bank yang memiliki jaringan di sana. Beberapa bank yang tersedia di sana antara lain Arab National Bank, National Commercial Bank, Saudi American Bank, dan Saudi British Bank. Pastikan kartu ATM yang Anda miliki sesuai dengan jaringan ATM yang tersedia di sana.

Sebelum melakukan transaksi di ATM, pastikan juga bahwa kartu ATM Anda telah diaktifkan untuk digunakan di luar negeri. Hal ini perlu dilakukan karena beberapa bank umumnya membatasi penggunaan kartu ATM di luar negeri demi keamanan nasabah. Jadi, pastikan untuk menghubungi bank terlebih dahulu agar kartu ATM Anda dapat digunakan di luar negeri.

Selain itu, pastikan pula Anda mengetahui batas limit transaksi yang dapat dilakukan di ATM di Saudi Arabia. Hal ini biasanya tertera di mesin ATM atau dapat Anda lihat di aplikasi perbankan yang dimiliki. Dengan mengetahui limit transaksi, Anda dapat menghindari kebingungan saat melakukan transaksi di ATM.

Cara Mengambil Uang di ATM Saudi Arabia

Setelah memastikan bahwa kartu ATM Anda dapat digunakan dan mengetahui batas limit transaksi yang dapat dilakukan, Anda dapat mengambil uang di ATM di Saudi Arabia. Berikut adalah cara mengambil uang di ATM:

Pertama, masukkan kartu ATM Anda ke mesin ATM dan ikuti instruksi yang tertera di layar. Pastikan untuk memasukkan PIN ATM dengan benar agar transaksi dapat dilakukan.

Kedua, pilih jenis transaksi yang ingin dilakukan. Biasanya transaksi yang tersedia adalah penarikan tunai. Pilih nominal uang yang ingin ditarik dan tunggu hingga uang keluar dari mesin ATM.

Terakhir, jangan lupa ambil kartu ATM Anda kembali setelah melakukan transaksi. Pastikan juga untuk menyimpan uang yang berhasil ditarik dengan aman dan tidak menaruhnya di tempat yang mudah dicuri atau hilang.

Trik Menghindari Penipuan di ATM Saudi Arabia

Selalu berhati-hati saat mengambil uang di ATM. Berikut adalah beberapa trik yang dapat membantu Anda menghindari penipuan di ATM Saudi Arabia:

Pertama, pastikan untuk menutupi keypad ATM saat memasukkan PIN ATM. Hal ini untuk menghindari orang lain yang mencoba memperhatikan nomor PIN ATM Anda.

Kedua, periksa mesin ATM sebelum menggunakannya. Pastikan tidak ada perangkat tambahan yang terpasang di mesin ATM, seperti alat perekam atau kartu skimmer yang dapat mencuri data kartu ATM Anda. Biasanya alat-alat tersebut diletakkan di slot kartu ATM.

Terakhir, jangan bertransaksi di ATM yang terletak di tempat yang sepi dan gelap. Pilihlah ATM yang terletak di tempat terbuka dan ramai agar Anda dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman.

Kesimpulan

Mengambil uang di ATM di Saudi Arabia memang mudah, namun perlu memperhatikan beberapa hal agar transaksi dapat dilakukan dengan aman dan nyaman. Pastikan kartu ATM Anda dapat digunakan di luar negeri, mengetahui batas limit transaksi, serta selalu berhati-hati saat mengambil uang di ATM untuk menghindari penipuan.