Cara Cek Uang KTP Elektronik

Pendahuluan

KTP elektronik adalah KTP yang memiliki chip dalam dirinya yang berisi informasi mengenai pemiliknya. KTP elektronik memudahkan berbagai urusan keperluan kita sehari-hari, termasuk urusan keuangan. Salah satu keuntungan dari KTP elektronik adalah dengan adanya fitur e-money yang terdapat pada chip tersebut. Fitur e-money tersebut memungkinkan kita untuk melakukan transaksi elektronik, bahkan tanpa harus membawa uang kas. Namun, untuk mengetahui saldo dari fitur e-money tersebut, kita harus melakukan cek saldo terlebih dahulu. Berikut adalah cara cek uang KTP elektronik.

Cara Cek Saldo Uang KTP Elektronik

Untuk melakukan cek saldo uang KTP elektronik, kita bisa memanfaatkan mesin ATM atau aplikasi dompet digital. Berikut adalah cara-cara yang bisa kita lakukan untuk mengecek saldo uang pada KTP elektronik kita.

Cara Cek Saldo KTP Elektronik Melalui Mesin ATM

Jika kita ingin mengecek saldo uang pada KTP elektronik melalui mesin ATM, maka hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mencari mesin ATM yang menyediakan fitur tersebut. Setelah menemukan mesin ATM tersebut, langkah-langkah berikut ini bisa kita ikuti:

Pertama-tama, masukkanlah KTP elektronik kita kedalam mesin ATM dan tekan tombol “Lainnya” pada layar ATM.

Lalu, pilihlah opsi “e-money” pada bagian menu yang terdapat pada layar ATM.

Selanjutnya, ikuti petunjuk layar ATM hingga kita berhasil menemukan opsi “Cek Saldo”. Setelah itu, kita tinggal memasukkan nomor PIN pada KTP elektronik kita dan saldo uang akan tampil pada layar mesin ATM.

Cara Cek Saldo KTP Elektronik Melalui Aplikasi Dompet Digital

Jika kita ingin mengecek saldo uang pada KTP elektronik melalui aplikasi dompet digital, maka kita perlu mengunduh aplikasi dompet digital terlebih dahulu melalui PlayStore atau AppStore. Setelah terunduh, langkah-langkah berikut ini dapat kita lakukan:

Pertama-tama, daftarkan akun kita pada aplikasi dompet digital yang kita gunakan.

Kedua, sambungkan KTP elektronik kita dengan aplikasi dompet digital tersebut.

Setelah itu, kita bisa langsung mengecek saldo uang pada KTP elektronik kita melalui aplikasi dompet digital yang kita gunakan.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara cek uang KTP elektronik yang bisa kita lakukan. Dengan mengetahui saldo uang pada KTP elektronik kita, kita bisa memudahkan urusan keuangan kita sehari-hari. Mari manfaatkan fitur e-money pada KTP elektronik kita dengan bijak.