Cara Buka HP Bootloop dengan Mudah dan Simple
Cara Buka HP Bootloop dengan Mudah dan Simple

Cara Buka HP Bootloop dengan Mudah dan Simple

Penjelasan Mengenai Bootloop

Bootloop merupakan suatu keadaan dimana smartphone terus-menerus reboot atau melakukan restart secara terus menerus tanpa henti. Bootloop terjadi karena adanya suatu masalah pada sistem operasi (OS) atau mungkin juga karena adanya kerusakan pada hardware. Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya bootloop, yaitu pembaruan sistem operasi yang terganggu, kesalahan dalam melakukan flashing, menginstal suatu aplikasi yang tidak compatible, dan sejenisnya. Bootloop juga bisa terjadi pada berbagai jenis smartphone dan sistem operasi seperti android, iOS, Windows Phone, dsb.

Cara Pertama Mengatasi HP Bootloop

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi HP bootloop adalah dengan melakukan factory reset. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menekan tombol power dan volume down secara bersamaan. Setelah masuk ke menu recovery, pilih opsi wipe data/factory reset. Tunggu hingga proses selesai dan lakukan restart pada smartphone Anda. Setelah selesai, periksa apakah masalah bootloop bisa teratasi.

Cara Kedua Mengatasi HP Bootloop

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan flashing firmware. Flashing firmware merupakan suatu proses instalasi ulang sistem operasi pada smartphone. Cara melakukan flashing bisa dilakukan dengan menginstal ulang sistem operasi dengan PC menggunakan software khusus. Namun, cara ini membutuhkan pengetahuan yang cukup dalam melakukan hacking dan risiko kerusakan yang cukup besar jika salah dalam melakukan proses ini.

Cara Ketiga Mengatasi HP Bootloop

Cara ketiga yang bisa dilakukan adalah dengan menghubungi servis resmi smartphone Anda. Bila cara-cara di atas tidak berhasil mengatasi masalah bootloop pada smartphone Anda, maka menghubungi servis resmi bisa jadi solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut. Namun, pastikan Anda sudah melakukan backup data sebelum mengambil langkah ini, karena biasanya para teknisi akan melakukan penggantian sistem operasi pada smartphone Anda.

Cara Keempat Mengatasi HP Bootloop

Cara keempat yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan root pada smartphone dan memasang Custom ROM. Namun cara ini cukup berisiko karena salah langkah bisa merusak smartphone Anda, dan juga akan menghilangkan garansi smartphone Anda. Cara ini disarankan hanya untuk pengguna yang sudah berpengalaman dan memiliki pengetahuan yang cukup mengenai hacking.

Cara Kelima Mengatasi HP Bootloop

Cara kelima yang bisa dilakukan adalah dengan menginstal firmware original melalui PC. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mendownload firmware yang sesuai dengan tipe smartphone Anda, kemudian hubungkan smartphone dan PC dengan kabel USB. Selanjutnya lakukan instalasi firmware melalui software flashing yang telah disediakan. Namun perlu diingat, cara ini juga mempunyai risiko yang cukup besar jika salah dalam melakukan instalasi firmware.

Cara Keenam Mengatasi HP Bootloop

Cara keenam yang bisa dilakukan adalah dengan menginstal ulang OS secara manual. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mendownload firmware yang sesuai dengan tipe smartphone Anda, kemudian buka software flashing yang telah disediakan. Lalu hubungkan smartphone dan PC menggunakan kabel USB dan pastikan smartphone Anda terdeteksi oleh PC. Setelah itu, lakukan instalasi ulang OS melalui software flashing dan tunggu hingga proses selesai.

Cara Ketujuh Mengatasi HP Bootloop

Cara ketujuh yang bisa dilakukan adalah dengan menginstal ulang OS dengan menghapus data recovery. Caranya cukup mudah, yaitu dengan melakukan instalasi ulang seperti biasa melalui software flashing, namun pada tahap penghapusan data recovery, jangan lakukan penghapusan dan teruskan instalasi hingga selesai. Setelah selesai, restart smartphone Anda dan periksa apakah masalah bootloop sudah teratasi.

Cara Kedelapan Mengatasi HP Bootloop

Cara kedelapan yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan recovery mode. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menekan tombol power, home dan volume up secara bersamaan hingga muncul logo merk smartphone dan masuk ke menu recovery mode. Setelah masuk ke menu recovery, pilih opsi wipe data/factory reset dan tunggu hingga proses selesai.

Cara Kesembilan Mengatasi HP Bootloop

Cara kesembilan yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan instalasi firmware yang biasanya disebut dengan Stock ROM. Stock ROM merupakan firmware bawaan atau asli dari smartphone. Cara ini cukup mudah, yaitu dengan mendownload firmware sesuai dengan tipe smartphone Anda, kemudian hubungkan smartphone ke PC dan lakukan instalasi firmware melalui software flashing.

Cara Kesepuluh Mengatasi HP Bootloop

Cara kesepuluh yang bisa dilakukan adalah dengan menginstal firmware melalui recovery mode. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mendownload firmware android untuk smartphone Anda dan letakkan di dalam memori internal. Kemudian masuk ke recovery mode dan pilih menu instal zip from internal storage. Selanjutnya pilih firmware yang sudah Anda download dan tunggu hingga proses selesai.

Cara Kesebelas Mengatasi HP Bootloop

Cara kesebelas yang bisa dilakukan adalah dengan memasang custom ROM yang sesuai dengan smartphone Anda. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mendownload custom ROM sesuai dengan tipe smartphone Anda dan letakkan di dalam memori internal. Kemudian masuk ke menu recovery mode dan pilih opsi instal zip from internal storage dan pilih custom ROM yang telah Anda download. Tunggu hingga proses selesai dan periksa apakah masalah bootloop sudah teratasi.

Cara Keduabelas Mengatasi HP Bootloop

Cara keduabelas yang bisa dilakukan adalah dengan mengupdate firmware OS. Caranya cukup mudah, yaitu dengan masuk ke pengaturan smartphone dan pilih opsi tentang perangkat. Selanjutnya pilih opsi pembaruan perangkat lunak dan tunggu hingga proses selesai. Namun perlu diingat, cara ini hanya bisa dilakukan jika smartphone Anda masih bisa masuk ke pengaturan.

Cara Ketigabelas Mengatasi HP Bootloop

Cara ketigabelas yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus aplikasi yang terinstall yang tidak compatible. Caranya cukup mudah, yaitu dengan masuk ke menu pengaturan dan pilih opsi aplikasi. Kemudian cari aplikasi yang tidak compatible dan uninstall aplikasi tersebut. Setelah selesai, periksa apakah masalah bootloop sudah teratasi.

Cara Keempatbelas Mengatasi HP Bootloop

Cara keempatbelas yang bisa dilakukan adalah dengan mengupdate Google Play Store. Caranya cukup mudah, yaitu dengan masuk ke Google Play Store dan pilih opsi menu. Lalu pilih opsi pengaturan dan pilih versi aplikasi. Kemudian tunggu hingga proses selesai. Setelah selesai, periksa apakah masalah bootloop sudah teratasi.

Cara Kelimabelas Mengatasi HP Bootloop

Cara kelimabelas yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan reset firmware Android secara manual. Caranya cukup mudah, yaitu dengan masuk ke menu recovery mode dan pilih opsi wipe cache partition. Kemudian tunggu hingga proses selesai dan coba restart smartphone Anda. Jika sudah selesai, periksa apakah masalah bootloop sudah teratasi.

Cara Keenambelas Mengatasi HP Bootloop

Cara keenambelas yang bisa dilakukan adalah dengan memperbaiki file sistem operasi yang terkendala. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengatur ulang atau backup file sistem operasi yang rusak. Setelah itu, lakukan flashing firmware yang baru pada smartphone Anda. Namun cara ini cukup berisiko dan hanya untuk pengguna yang sudah berpengalaman.

Cara Ketigabelas Mengatasi HP Bootloop

Cara tigabelas yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan booting dari mode aman. Caranya cukup mudah, yaitu dengan menekan tombol power secara lama hingga muncul menu reboot. Lalu tekan tombol power kembali hingga muncul menu booting mode aman. Setelah masuk ke mode aman, cari aplikasi yang bermasalah dan uninstall aplikasi tersebut.

Cara Keempatbelas Mengatasi HP Bootloop

Cara keempatbelas yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan penghapusan data secara manual. Caranya cukup mudah, yaitu dengan reboot smartphone Anda ke dalam mode recovery. Kemudian pilih opsi wipe data/factory reset dan tunggu hingga proses selesai. Setelah restart, periksa apakah masalah bootloop sudah teratasi atau belum.

Cara Kelimabelas Mengatasi HP Bootloop

Cara kelimabelas yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan software pihak ketiga seperti dr.fone. Caranya cukup mudah, yaitu dengan melakukan instalasi software dr.fone pada PC, lalu hubungkan smartphone Anda ke PC dan pilih opsi repair system pada software dr.fone. Tunggu hingga proses selesai dan periksa apakah masalah bootloop sudah teratasi.

Cara Keenambelas Mengatasi HP Bootloop

Cara keenambelas yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan flashing recovery. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mendownload software untuk recovery twrp atau cwm. Kemudian hubungkan smartphone Anda ke PC dan install software recovery tersebut. Setelah proses selesai, reboot smartphone Anda ke dalam mode recovery dan lakukan backup data terlebih dahulu sebelum melakukan proses flashing.

Cara Ketujuhbelas Mengatasi HP Bootloop

Cara ketujuhbelas yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus aplikasi yang menyebabkan masalah bootloop. Caranya cukup mudah, yaitu dengan masuk ke menu pengaturan dan pilih opsi aplikasi. Kemudian cari aplikasi yang menyebabkan masalah dan uninstall aplikasi tersebut. Setelah selesai, periksa apakah masalah bootloop sudah teratasi.

Cara Kedelapanbelas Mengatasi HP Bootloop

Cara kedelapanbelas yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus data sistem yang berbahaya. Caranya cukup mudah, yaitu dengan reboot smartphone Anda ke dalam mode recovery. Kemudian pilih opsi wipe data/factory reset dan tunggu hingga proses selesai. Setelah restart, periksa apakah masalah bootloop sudah teratasi atau belum.

Cara Kesembilanbelas Mengatasi HP Bootloop

Cara kesembilanbelas yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan software flashing yang aman dan terpercaya. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mendownload software flashing dari website resmi masing-masing tipe smartphone Anda. Kemudian hubungkan smartphone Anda ke PC dan lakukan proses flashing dengan software tersebut.

Cara Keduapuluh Mengatasi HP Bootloop

Cara keduapuluh yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan downgrade sistem operasi. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mendownload firmware sistem operasi yang lebih rendah dari tipe smartphone Anda. Kemudian hubungkan smartphone Anda ke PC dan lakukan proses flashing dengan software khusus untuk downgrade sistem operasi.

Cara Ketigapuluh Mengatasi HP Bootloop

Cara ketigapuluh yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus aplikasi sistem yang tidak dibutuhkan. Caranya cukup mudah, yaitu dengan masuk ke pengaturan smartphone dan pilih opsi aplikasi. Kemudian cari aplikasi sistem yang tidak digunakan dan uninstall aplikasi tersebut. Setelah selesai, periksa apakah masalah bootloop sudah teratasi.

Kesimpulan

Dari beberapa cara mengatasi bootloop yang telah kami bahas di atas, setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa memilih cara mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan keahlian Anda. Namun perlu diingat, pastikan untuk melakukan backup data terlebih dahulu sebelum melakukan proses ini, untuk menghindari kehilangan data yang penting. Semoga artikel ini bisa membantu Anda mengatasi masalah bootloop pada smartphone Anda.