Cara Mengatasi Bootloop HP Asus Zenfone Go
Cara Mengatasi Bootloop HP Asus Zenfone Go

Cara Mengatasi Bootloop HP Asus Zenfone Go

1. Apa Itu Bootloop?

Bootloop adalah kondisi di mana smartphone Anda tidak dapat menyelesaikan proses booting. Ketika Anda menyalakan perangkat, logo Asus muncul dan kemudian kembali mati. Ini terus berulang dan membuat Anda tidak dapat menggunakan smartphone Anda. Ada beberapa alasan mengapa bootloop terjadi, seperti pembaruan sistem yang gagal atau aplikasi bermasalah.

2. Restart Ulang HP Asus Zenfone Go

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan memulai ulang smartphone Anda. Tekan tombol power selama beberapa detik hingga ponsel Anda mati. Kemudian hidupkan lagi dan lihat apakah masalahnya teratasi. Jika masih tidak berhasil, coba langkah selanjutnya.

3. Masuk Mode Recovery dan Wipe Data

Langkah selanjutnya adalah masuk ke mode recovery. Tekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan hingga muncul menu recovery. Pilih “wipe data/factory reset” dengan menggunakan tombol volume untuk navigasi dan tombol power untuk memilih. Tunggu sampai proses selesai dan kemudian reboot perangkat Anda. Jika masalahnya masih ada, lakukan langkah berikutnya.

4. Flash Ulang Firmware

Jika kedua langkah di atas tidak berhasil, maka cara terakhir adalah dengan flash ulang firmware. Pertama, unduh firmware yang cocok untuk perangkat Anda dari situs web Resmi ASUS. Kemudian, masuk ke mode fastboot dengan menekan tombol power dan volume atas secara bersamaan. Sambungkan Asus Zenfone Go Anda ke komputer dan jalankan perintah “fastboot flash firmware_file_name.zip”. Tunggu sampai proses selesai dan kemudian reboot perangkat Anda.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas tiga cara mengatasi bootloop pada HP Asus Zenfone Go yaitu dengan memulai ulang perangkat, melakukan wipe data melalui mode recovery, dan melakukan flashing firmware. Jika masih tidak berhasil, sebaiknya bawa perangkat ke service center Asus terdekat untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.