Cara Close App di Laptop: Mudah dan Cepat
Cara Close App di Laptop: Mudah dan Cepat

Cara Close App di Laptop: Mudah dan Cepat

Apa itu Closing App?

Closing App adalah proses menghentikan program atau aplikasi yang sedang berjalan di laptop atau komputer Anda. Pada dasarnya, jika sebuah aplikasi telah selesai digunakan, menutupnya akan membebaskan RAM dan daya komputer yang sebelumnya digunakan oleh aplikasi tersebut. Proses ini sangat penting untuk mempercepat kinerja laptop atau komputer Anda. Namun, bagaimana caranya menutup aplikasi di laptop?

Cara Close App di Windows

Jika Anda menggunakan Windows, ada beberapa cara mudah untuk menutup aplikasi atau program:

1. Menggunakan Keyboard: Jika aplikasi tersebut sedang aktif, tekan “Alt + F4”. Hal ini akan memunculkan jendela “Shut Down Windows” dan pilih “Shut Down” atau “Sign Out”.

2. Menggunakan Tombol Close: Jika aplikasi tersebut sedang aktif, cari tombol close (X) pada pojok kanan atas jendela aplikasi tersebut, kemudian klik tombol tersebut.

3. Menggunakan Task Manager: Jika aplikasi tersebut tidak merespons atau tidak bisa ditutup dengan cara biasa, buka Task Manager dengan menekan tombol “Ctrl + Shift + Esc” pada keyboard, cari aplikasi yang ingin ditutup, klik kanan pada nama aplikasi tersebut, dan pilih “End Task”.

Cara Close App di Mac

Bagaimana dengan pengguna Mac? Berikut beberapa cara untuk menutup aplikasi di MacBook atau iMac:

1. Menggunakan Tombol Close: Jika aplikasi tersebut sedang aktif, cari tombol close (Merah) pada pojok kiri atas jendela aplikasi tersebut, kemudian klik tombol tersebut.

2. Menggunakan Shortcuts: Jika aplikasi tersebut sedang aktif, tekan “Command + Q” pada keyboard. Hal itu akan menutup aplikasi secara otomatis.

3. Menggunakan Force Quit: Jika aplikasi tersebut tidak merespons atau tidak bisa ditutup dengan cara biasa, tekan “Command + Option + Esc” pada keyboard untuk membuka “Force Quit” window, lalu pilih aplikasi yang ingin ditutup dan klik “Force Quit”.

Cara Close App di Linux

Bagaimana dengan pengguna Linux? Berikut beberapa cara untuk menutup aplikasi di Linux:

1. Menggunakan Keyboard: Jika aplikasi tersebut sedang aktif, tekan “Alt + F4”. Hal ini akan menutup aplikasi.

2. Menggunakan Tombol Close: Jika aplikasi tersebut sedang aktif, cari tombol close (X) pada pojok kanan atas jendela aplikasi tersebut, kemudian klik tombol tersebut.

3. Menggunakan Terminal: Jika aplikasi tersebut tidak merespons atau tidak bisa ditutup dengan cara biasa, buka Terminal dan ketik “killall [nama aplikasi]” untuk menutup aplikasi yang ingin ditutup.

Kesimpulan

Ketika Anda sudah selesai menggunakan aplikasi di laptop Anda, penting untuk menutupnya. Ada banyak cara untuk menutup aplikasi di laptop Anda, tergantung dari sistem operasi yang digunakan dan situasinya. Jika aplikasi tersebut tidak merespons, cari cara untuk menutupnya melalui Task Manager atau Force Quit. Dengan menutup aplikasi yang tidak digunakan, Anda dapat membebaskan RAM dan mempercepat kinerja laptop atau komputer Anda.