Cara Guna App Capcut untuk Membuat Video Keren
Cara Guna App Capcut untuk Membuat Video Keren

Cara Guna App Capcut untuk Membuat Video Keren

Jika Anda sedang mencari aplikasi editing video yang mudah digunakan dan memberikan hasil keren, Capcut adalah jawaban yang tepat. Di sini saya akan memberikan panduan cara guna app Capcut yang bisa membantu Anda membuat video keren dengan mudah. Yuk di simak!

Langkah Pertama: Download Capcut

Langkah pertama adalah download aplikasi Capcut di Play Store atau App Store. Aplikasi ini cukup ringan dan mendukung semua jenis smartphone. Setelah mengunduh dan menginstalnya, buka aplikasi dan mulailah mempelajari fitur-fitur yang tersedia.

Langkah Kedua: Pilih Video atau Gambar

Setelah membuka aplikasi, pilihlah video atau gambar yang ingin diubah menjadi video keren. Kamu bisa memilih dari folder media di smartphone kamu atau langsung merekam dengan kamera aplikasi Capcut.

Langkah Ketiga: Mulai Mengedit

Setelah memilih video atau gambar, mulailah mengedit dengan fitur-fitur yang tersedia di Capcut. Ada banyak fitur yang bisa Anda gunakan, seperti menyelipkan musik, membuat teks, menambahkan efek, memotong dan mempercepat video. Untuk mempercepat proses editing, Anda bisa menambahkan template video yang sudah ada di aplikasi.

Langkah Keempat: Export Video

Setelah selesai mengedit, klik tombol export atau simbol panah yang ada di bagian atas aplikasi. Pilih ukuran dan kualitas video yang ingin Anda miliki. Tunggu beberapa saat hingga proses export selesai. Video siap diunduh dan diunggah ke media sosial atau platform lainnya.

Tips-Tips Capcut:

Berikut beberapa tips yang bisa membantu Anda dalam menggunakan aplikasi Capcut:

Tambahkan Musik

Setiap video pasti terasa lebih hidup jika ada musik. Capcut menyediakan berbagai macam musik yang bisa Anda pilih. Anda juga bisa memasukkan lagu favorit Anda sendiri dengan cara mengunggah file.

Memotong dan Menggabungkan Video

Anda bisa memotong dan menggabungkan beberapa video menjadi satu. Caranya mudah, pilih potongan video yang diinginkan dan gabungkan dengan cara menekan tombol “gabungkan”.

Menambahkan Efek

Capcut memiliki berbagai macam efek yang tersedia. Anda bisa menambahkan efek lampu kilat, efek buram, efek slow motion, dan masih banyak lagi.

Menambahkan Teks

Anda bisa menambahkan teks pada video. Capcut menyediakan berbagai macam font dan warna yang bisa Anda pilih. Tambahkan teks pada titik tertentu di video yang ingin Anda berikan pesan.

Mengganti Warna Objek Tertentu

Anda bisa mengganti warna objek tertentu pada video dengan memilih filter warna. Misalnya, Anda dapat mengubah warna pakaian yang dikenakan oleh orang dalam video.

Mengaburkan Latar Belakang

Anda bisa mengaburkan latar belakang pada video dengan menggunakan fitur blur. Fitur ini sangat berguna jika ada ketidaknyamanan di seluruh frame video, seperti orang yang tidak ingin tampil di video.

Menambahkan Stiker

Capcut menyediakan berbagai macam stiker yang bisa Anda pilih. Tambahkan stiker pada video Anda untuk memperkaya kreativitas video.

Menambahkan Transisi

Anda bisa menambahkan transisi antar potongan video untuk memperhalus perpindahan antar video. Capcut menyediakan berbagai macam transisi yang bisa Anda gunakan, mulai dari transisi yang sederhana hingga yang kompleks.

Menambahkan Animasi

Anda bisa menambahkan animasi pada video Anda untuk memberikan kesan yang lebih hidup. Capcut menyediakan berbagai macam animasi, mulai dari animasi yang sederhana hingga yang kompleks.

Menambahkan Voice Over

Anda bisa menambahkan voice over pada video Anda. Sisipkan suara Anda sendiri atau rekaman tertentu pada video.

Menambahkan Video Slow Motion

Anda bisa memperlambat video dengan fitur slow motion. Video slow motion ini bisa memberikan kesan yang dramatis.

Menambahkan Kunci Warna

Anda bisa menambahkan kunci warna pada video yang memungkinkan Anda mengatur warna tertentu.

Menambahkan Gelombang Suara

Anda bisa menambahkan gelombang suara pada video yang akan terlihat sangat menarik.

Menambahkan Tampilan Ganda

Anda bisa menambahkan tampilan ganda pada video yang bisa menampilkan lebih dari satu gambar pada layar terpisah.

Menambahkan Tampilan Bersebelahan

Anda bisa menambahkan tampilan bersebelahan pada video yang bisa menampilkan lebih dari satu gambar dalam satu frame.

Menambahkan Tampilan Pop-Up

Anda bisa menambahkan tampilan pop-up pada video yang bisa menampilkan gambar di atas video.

Menambahkan Tampilan Layar Penuh

Anda bisa menambahkan tampilan layar penuh pada video yang menampilkan gambar atau video dalam ukuran penuh.

Menambahkan Efek Cinematic

Anda bisa menambahkan efek cinematic pada video yang akan membuatnya terlihat seperti film.

Mengimpor Video ke Aplikasi Lain

Jika Anda menyelesaikan video di Capcut, Anda masih bisa memindahkannya ke aplikasi lain untuk pengeditan lebih lanjut.

Apa Kelebihan Capcut?

Capcut menawarkan banyak fitur keren yang mudah digunakan. Selain itu, aplikasi ini gratis dan mendukung semua smartphone dengan spesifikasi minimal. Fitur-fiturnya juga cukup lengkap dan bisa memenuhi kebutuhan pengguna yang ingin membuat video keren. Capcut juga sering melakukan pembaruan fitur dan bug fixing, sehingga aplikasi ini semakin baik dari waktu ke waktu.

Penutup

Sekarang Anda sudah tahu cara guna app Capcut untuk membuat video keren. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan memberikan hasil yang memuaskan. Anda bisa berkreasi sepuasnya dengan fitur-fitur yang tersedia. Selamat mencoba!