Cara Hide App di iPhone: Tutorial Lengkap!
Cara Hide App di iPhone: Tutorial Lengkap!

Cara Hide App di iPhone: Tutorial Lengkap!

1. Apa Itu Hide App?

Hide app atau menyembunyikan aplikasi pada iPhone adalah suatu cara untuk membuat aplikasi tertentu tidak terlihat pada layar utama iPhone. Ini berguna ketika Anda ingin menjaga privasi atau ingin memberikan kesan bahwa Anda tidak memiliki banyak aplikasi pada ponsel Anda.

Namun, meskipun aplikasi disembunyikan, Anda masih dapat mengaksesnya melalui pencarian Spotlight atau melalui layar Siri. Jadi, ini bukan metode yang sepenuhnya rahasia, namun hanya cara untuk memudahkan mengatur aplikasi yang lebih penting agar lebih mudah diakses.

Berikut adalah beberapa tahapan panduan cara hide app di iPhone.

2. Buka App Store

Untuk melakukan hide app, Anda perlu mengunduh aplikasi pembantu khusus dari App Store. Ada beberapa aplikasi seperti ‘Hide it Pro’, ‘App Hider’, atau ‘My Hidden Folder Pro’. Namun, untuk tujuan artikel ini, kita akan mengambil contoh ‘App Hider’.

Cari ‘App Hider’ di App Store dan unduh aplikasi tersebut. Setelah itu, buka aplikasi dan di sana akan ada panduan selanjutnya.

Pastikan juga bahwa aplikasi yang ingin disembunyikan sudah diunduh dan terpasang di iPhone Anda sebelum memulai hide app.

3. Buka Aplikasi ‘App Hider’

Setelah Anda mengunduh ‘App Hider’, buka aplikasi tersebut. Setelah itu, Anda akan melihat daftar aplikasi yang terpasang pada ponsel Anda yang dapat disembunyikan.

Pilih aplikasi yang ingin disembunyikan dan pilih tanda tambah (+) di sudut kanan atas.

Aplikasi tersebut akan masuk dalam daftar aplikasi yang disembunyikan.

4. Setel Password dan Touch ID

Untuk menjaga privasi Anda, Anda dapat mengatur password atau menggunakan Touch ID untuk membuka aplikasi tersebut. Langkah ini sangat direkomendasikan untuk menjaga privasi dan melindungi aplikasi yang di-hide dari aplikasi tambahan. Klik tombol ‘Password Setting’ dan atur password yang sesuai.

Tidak hanya password, Anda juga dapat menggunakan Touch ID sebagai pengunci, yaitu sidik jari Anda, agar aplikasi diperlindungi dengan aman.

Setelah itu, klik ‘Verify’ untuk menyelesaikan pengaturan password dan Touch ID.

5. Sematkan Aplikasi yang Disembunyikan ke App Hider

Kembali ke layar awal App Hider dan pilih ‘My App’. Di sana, klik ‘Add App’ untuk memasukkan aplikasi yang ingin disembunyikan ke dalam App Hider.

Pilih aplikasi yang ingin ditambahkan dan klik tombol ‘+’ pada bagian kanan bawah layar. Aplikasi tersebut akan sematkan ke dalam App Hider dan tidak akan terlihat pada layar utama iPhone Anda.

Jika Anda ingin menambahkan aplikasi tambahan, Anda dapat mengulangi cara yang sama pada tahap ini.

6. Buka Aplikasi yang Baru Saja Ditambahkan

Sekarang, aplikasi yang baru saja Anda tambahkan ke dalam App Hider tidak bisa lagi terlihat pada layar utama iPhone Anda. Untuk membukanya, buka App Hider dan ketik password atau gunakan Touch ID untuk masuk.

Setelah masuk, Anda akan melihat aplikasi yang disembunyikan di dalam App Hider. Anda dapat mengaksesnya dengan leluasa.

Anda dapat keluar dari App Hider dengan menekan tombol home atau dengan menekan tombol ‘Hide’ pada bagian kanan bawah layar.

7. Mengatur Aplikasi yang Disembunyikan

Anda tidak hanya dapat menyembunyikan aplikasi, tetapi juga dapat mengatur aplikasi yang disembunyikan pada bagian Setting. Ada dua jenis pengaturan, yaitu pengaturan umum dan pengaturan akun.

Pengaturan umum adalah untuk aplikasi yang di-hide secara keseluruhan, sementara pengaturan akun adalah untuk aplikasi yang di-hide untuk akun tertentu saja. Pengaturan ini mengatur apakah aplikasi itu akan tetap tersedia pada kontak dan kalender, atau apakah itu akan disembunyikan seluruhnya.

Anda dapat mengubah pengaturan ini dengan mengeklik pengaturan pada aplikasi yang di-hide.

8. Cara Sederhana Menggunakan Siri untuk Membuka Aplikasi yang Disembunyikan

Jika Anda bosan dengan selalu membuka App Hider untuk membuka aplikasi yang di-hide, Anda dapat mengaktifkan Siri untuk membuka aplikasi tersebut dengan mudah.

Buka App Siri dan tanyakan Siri untuk membuka aplikasi yang disembunyikan. Katakan ‘Buka (nama aplikasi)’, dan Siri akan membuka aplikasi tersebut secara langsung.

9. Cara Mudah Mencari Aplikasi yang Disembunyikan dengan Spotlight

Spotlight adalah fitur di iPhone yang memungkinkan Anda mencari aplikasi yang disembunyikan dengan mudah. Gesek layar iPhone Anda dari atas ke bawah dan masukkan nama aplikasi pada kolom pencarian Spotlight, setelah itu klik ‘cari’.

Apabila nama aplikasi tersebut telah terdaftar dalam App Hider, maka Siri akan langsung memperlihatkan aplikasi tersebut.

Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi membuka App Hider untuk membuka aplikasi yang disembunyikan.

10. Menghapus Aplikasi yang Disembunyikan pada iPhone

Jika Anda memutuskan untuk menghapus aplikasi yang di-hide, Anda dapat melakukannya dengan mudah pada aplikasi App Hider. Buka aplikasi App Hider, dan pilih aplikasi yang ingin dihapus.

Lalu, ketuk dan tahan ikon aplikasi tersebut sampai muncul ‘Delete’ pada layar. Klik ‘Delete’, dan aplikasi tersebut akan dihapus dari App Hider dan dari iPhone Anda.

Ingat, jika Anda lupa password atau Touch ID, Anda tidak dapat menghapus aplikasi yang sudah di-hide. Pastikan Anda mengingat password atau Touch ID yang telah Anda buat saat mengatur App Hider.

Kesimpulan

Nah, demikian tadi di atas cara hide app di iPhone yang dapat Anda coba. Dengan panduan ini, Anda dapat menyembunyikan aplikasi pada iPhone Anda untuk menjaga privasi atau untuk menjaga agar ponsel Anda lebih rapi dan mudah digunakan.

Harapannya, artikel ini dapat membantu Anda dalam mengatur aplikasi dan fitur yang ada pada iPhone dan melakukan pengaturan privasi yang lebih baik.