Cara Daftar App JKN dengan Mudah dan Cepat
Cara Daftar App JKN dengan Mudah dan Cepat

Cara Daftar App JKN dengan Mudah dan Cepat

Kenali Dahulu Apa itu App JKN

JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk memberikan akses kesehatan yang terjangkau dan berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia. Adanya app JKN ini mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan seperti pendaftaran ke dokter dan pembayaran biaya kesehatan secara online.

Persiapkan Persyaratan yang Dibutuhkan

Sebelum mendaftar app JKN, pastikan kamu telah menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan seperti KTP dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Selain itu, pastikan juga nomor telepon dan email kamu masih aktif, karena nantinya akan digunakan untuk verifikasi identitas kamu.

Buka Website Resmi BPJS untuk Mendaftar

Langkah pertama untuk mendaftar app JKN adalah dengan membuka website resmi BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) di http://www.bpjs-kesehatan.go.id. Setelah itu, klik tombol “Daftar Sekarang” pada halaman depan website.

Masukkan Data Diri dengan Benar

Jika kamu sudah membuka halaman pendaftaran, isilah data diri kamu dengan lengkap dan benar. Pastikan data yang kamu masukkan telah sesuai dengan KTP dan dokumen resmi lainnya. Setelah itu, klik tombol “Lanjut”.

Verifikasi Nomor Telepon dan Email Kamu

Setelah mengisi data diri, kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi nomor telepon dan email kamu. Masukkan lah nomor telepon dan email yang aktif agar kamu bisa menerima kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS dan email. Jangan lupa juga untuk mengisi kode verifikasi tersebut pada kolom yang tersedia.

Pilih Kategori Peserta yang Sesuai

Setelah melakukan verifikasi, kamu akan diminta untuk memilih kategori peserta yang sesuai dengan status kamu. Ada beberapa pilihan kategori peserta seperti Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan masih banyak lagi. Pilihlah kategori yang sesuai dengan status kamu.

Masukkan Data Keluarga Jika Diperlukan

Jika kamu memiliki anggota keluarga yang ingin didaftarkan ke dalam program JKN, kamu bisa mengisi data keluarga pada saat pendaftaran. Pastikan data keluarga juga telah lengkap dan sesuai dengan dokumen resmi yang kamu miliki.

Buat Username dan Password

Setelah mengisi data keluarga, kamu akan diminta untuk membuat username dan password akun kamu. Pastikan password yang kamu buat cukup kuat dan tidak mudah ditebak!

Selesaikan Proses Pendaftaran

Jika kamu sudah memastikan data yang kamu masukkan benar dan lengkap, klik tombol “Daftar” untuk menyelesaikan proses pendaftaran. Setelah itu, kamu akan menerima email konfirmasi yang berisi nomor kartu JKN kamu. Selamat! Kamu sudah berhasil mendaftar app JKN!

Unduh dan Pasang App JKN di Smartphone Kamu

Setelah mendaftar app JKN, kamu bisa langsung mengunduh dan memasang aplikasi JKN di smartphone kamu melalui App Store (untuk pengguna iOS) atau Play Store (untuk pengguna Android). Masukkan username dan password yang telah kamu buat pada saat pendaftaran untuk masuk ke dalam aplikasi JKN.

Verifikasi Identitas Sekali Lagi pada Aplikasi JKN

Saat pertama kali membuka aplikasi JKN, kamu akan diminta untuk melakukan verifikasi identitas sekali lagi. Masukkan nomor kartu JKN yang telah kamu terima melalui email konfirmasi dan nomor telepon yang terdaftar pada saat pendaftaran untuk melakukan verifikasi.

Selamat! Kamu Sudah Siap Menggunakan App JKN

Sekarang kamu sudah siap menggunakan app JKN untuk mengakses layanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas. Kamu bisa melakukan pendaftaran ke dokter, pembayaran biaya kesehatan, dan lain sebagainya tanpa harus repot datang ke kantor BPJS!

Kesimpulan

Mendaftar app JKN tidaklah sulit jika kamu telah mengetahui cara-cara yang harus dilakukan. Pastikan kamu telah menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan dan mengikuti setiap tahap pendaftaran dengan benar dan seksama. Dengan app JKN, akses layanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas sudah ada di genggaman tangan kamu!