Cara Kunci Aplikasi WhatsApp di iPhone
Cara Kunci Aplikasi WhatsApp di iPhone

Cara Kunci Aplikasi WhatsApp di iPhone

Perkenalan

Bagi sebagian orang, privasi adalah hal yang sangat penting dalam hidup mereka. Salah satu yang paling sering digunakan adalah aplikasi pesan seperti WhatsApp. Pengguna bisa berkomunikasi dengan orang lain tanpa khawatir dibaca atau dilihat oleh orang lain. Maka dari itu, beberapa orang ingin mengunci aplikasi ini dengan kata sandi agar privasi mereka lebih terjaga.

Cara Mengunci Aplikasi WhatsApp di iPhone

Untuk mengunci aplikasi WhatsApp di iPhone, pengguna bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Applock. Namun, cara ini membutuhkan jailbreak pada iPhone. Jailbreak adalah proses untuk memodifikasi sistem operasi iPhone agar bisa memasang aplikasi pihak ketiga yang tidak ada di App Store. Cara ini memiliki risiko keamanan yang tinggi, sehingga tidak disarankan.

Alternatif lainnya adalah menggunakan fitur Screen Time yang sudah disediakan oleh iPhone. Fitur ini berguna untuk mengontrol penggunaan aplikasi atau layanan tertentu dengan memberikan kata sandi. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah Pertama: Aktifkan Screen Time

Pertama-tama, pengguna harus mengaktifkan fitur Screen Time. Caranya, buka menu Settings, pilih Screen Time, dan aktifkan fitur dengan menekan tombol On. Setelah itu, pengguna bisa memilih apakah ingin mengaktifkan Screen Time untuk diri sendiri atau untuk anak-anak.

Langkah Kedua: Buat Kata Sandi

Setelah mengaktifkan Screen Time, pengguna bisa membuat kata sandi untuk mengunci aplikasi WhatsApp. Caranya, pilih menu App Limits dan tekan Add Limit. Pada bagian “This is for:”, pilih kategori “Social Networking”. Setelah itu, pilih aplikasi WhatsApp dan atur jangka waktu penggunaan. Kemudian, aktifkan opsi “Block at End of Limit” dan buatlah kata sandi baru.

Langkah Ketiga: Aktifkan Kata Sandi

Setelah membuat kata sandi baru, pengguna bisa mengunci aplikasi WhatsApp dengan mengaktifkan opsi “Block at End of Limit”. Setiap kali aplikasi WhatsApp digunakan, pengguna harus memasukkan kata sandi yang sudah dibuat.

Kesimpulan

Dengan menggunakan fitur Screen Time, pengguna iPhone bisa mengunci aplikasi WhatsApp menggunakan kata sandi tanpa memerlukan aplikasi pihak ketiga atau melakukan jailbreak. Fitur ini sangat berguna untuk menjaga privasi dan keamanan pengguna iPhone. Namun, pengguna harus ingat untuk tidak lupa kata sandi yang sudah dibuat.