Cara Mengunci App Store Pada Perangkat Apple Anda
Cara Mengunci App Store Pada Perangkat Apple Anda

Cara Mengunci App Store Pada Perangkat Apple Anda

Perkenalan

App Store adalah platform yang digunakan oleh pengguna Apple untuk mengunduh aplikasi pada perangkat iOS dan MacOS mereka. Di dalamnya tersedia berbagai aplikasi yang dapat membantu mempermudah aktivitas sehari-hari. Namun, tidak jarang kita khawatir bahwa aplikasi yang kita unduh dapat digunakan oleh orang lain, terutama jika perangkat itu digunakan bersama. Untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa mengunci App Store pada perangkat Apple kita. Bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut.

1. Aktifkan Fitur Restriksi

Untuk mengunci App Store pada perangkat Apple, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengaktifkan fitur restriksi, atau dalam iOS disebut Restrictions. Caranya adalah dengan membuka Settings, dan pilih menu General. Di dalam General, pilih Restrictions. Jika Anda belum mengaktifkan fitur ini, Anda akan diminta untuk membuat kode masuk yang nantinya akan digunakan untuk membatasi akses beberapa aplikasi, termasuk App Store.

Setelah itu, carilah opsi “Installing Apps” pada bagian Allow. Kemudian, geser slider ke posisi off sehingga tidak ada lagi akses untuk mengunduh aplikasi dari App Store. Jika ada orang lain yang ingin mengunduh aplikasi, maka dia harus memasukkan kode masuk yang sudah dibuat tadi. Dengan begitu, perangkat Anda akan lebih aman dari aplikasi yang tidak Anda inginkan.

2. Nonaktifkan Touch ID

Bagi pengguna iPhone atau iPad yang menggunakan Touch ID, langkah kedua yang harus dilakukan adalah dengan menghapus sidik jari dari Touch ID yang digunakan untuk mengunduh aplikasi di App Store. Dengan begitu, orang lain tidak dapat menggunakan sidik jari Anda untuk mengunduh aplikasi dari App Store, meskipun kode masuk sudah diketahui.

Caranya adalah dengan membuka Settings dan pilih Touch ID & Passcode. Masukkan kode masuk, kemudian hapus sidik jari yang sebelumnya digunakan untuk mengunduh aplikasi dari App Store. Setelah itu, sidik jari Anda hanya dapat digunakan untuk membuka perangkat, dan tidak dapat lagi digunakan untuk mengunduh aplikasi dari App Store.

3. Batasi Akses ke App Store

Jika Anda ingin membatasi akses ke beberapa aplikasi yang diunduh, misalnya untuk anak-anak, maka Anda dapat menggunakan fitur Parental Control yang disediakan oleh Apple. Dalam Parental Control, Anda dapat memilih jenis aplikasi yang diperbolehkan diakses, dan membatasi akses ke aplikasi yang kurang tepat bagi anak-anak.

Caranya adalah dengan membuka Settings, dan pilih menu General. Di dalam General, pilih Restrictions. Setelah itu, aktifkan Restrictions, kemudian atur Parental Control dengan memilih aplikasi yang diperbolehkan diakses. Dengan begitu, anak-anak yang menggunakan perangkat Apple Anda akan terhindar dari akses aplikasi yang tidak sesuai dengan usia dan kebutuhan mereka.

Kesimpulan

Menjaga privasi dan keamanan perangkat bukanlah hal yang sulit, asalkan kita tahu caranya. Mengunci App Store adalah salah satu cara yang efektif untuk menjaga agar tidak ada aplikasi yang diunduh tanpa sepengetahuan kita. Dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas, perangkat Apple Anda akan lebih aman dan terhindar dari risiko yang tidak diinginkan. Jangan lupa untuk selalu memperbarui perangkat Anda dan mengucapkan terima kasih karena telah membaca artikel ini!