Cara Mudah Membuat Application Letter yang Menarik
Cara Mudah Membuat Application Letter yang Menarik

Cara Mudah Membuat Application Letter yang Menarik

Pengenalan

Application letter adalah surat yang biasanya dikirimkan bersamaan dengan resume saat melamar pekerjaan. Surat ini berfungsi sebagai pengantar dan memberikan gambaran mengenai kepribadian, keterampilan, serta pengalaman kerja dari si pelamar. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk membuat sebuah application letter yang menarik perhatian perusahaan yang kamu lamar.

Tujuan Application Letter

Tujuan dari pembuatan application letter adalah untuk menarik perhatian perekrut atau HRD dari perusahaan yang kamu lamar. Sebuah application letter yang menarik dan tepat akan menjadi suatu nilai tambah untukmu dalam meraih kesempatan untuk diinterview atau bahkan memperoleh pekerjaan yang kamu lamar.

Tips Membuat Application Letter

Berikut beberapa tips dalam membuat application letter yang menarik bagi perusahaan:

1. Kenali Perusahaan Target

Sebelum membuat application letter, pastikan kamu sudah mengetahui secara jelas mengenai perusahaan yang kamu lamar. Kenali sejarah, visi, dan misi perusahaan tersebut, serta produk atau jasa yang mereka tawarkan. Hal ini akan membantumu dalam membuat application letter yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

2. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Mudah Dipahami

Gunakan bahasa yang sederhana, jelas, dan mudah dipahami oleh pihak perusahaan. Hindari menggunakan bahasa yang terlalu formal atau rumit yang justru membuat application lettermu sulit dipahami dan diabaikan oleh HRD atau perekrut.

3. Jelaskan Keterampilan dan Pengalaman Kerja

Jelaskan dengan jelas mengenai keterampilan dan pengalaman kerja yang kamu miliki. Pihak perusahaan perlu mengetahui secara jelas apa yang bisa kamu sumbangkan untuk perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk menyertakan pengalaman kerja atau prestasi yang sudah kamu raih sebelumnya sebagai pertimbangan perusahaan.

4. Sertakan Informasi Kontak

Sertakan informasi kontak seperti email dan nomor telepon yang mudah dihubungi pihak perusahaan. Ini akan memudahkan proses komunikasi jika HRD atau perekrut ingin menghubungimu untuk interview atau informasi lainnya.

5. Beri Kesimpulan yang Menarik

Beri kesimpulan yang menarik dan memberikan kesan positif tentang dirimu. Jangan lupa sertakan harapanmu jika diberikan kesempatan untuk diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Kesimpulan

Jangan lupa, application letter adalah hal yang penting dalam melamar pekerjaan. Buatlah sebuah application letter yang menarik, tepat, dan jelas agar kamu mendapatkan kesempatan untuk diterima bekerja di perusahaan impianmu.