Flutter Build Apk Debug: Cara Mudah Membuat File Debug di Flutter
Flutter Build Apk Debug: Cara Mudah Membuat File Debug di Flutter

Flutter Build Apk Debug: Cara Mudah Membuat File Debug di Flutter

Flutter adalah framework yang sangat populer digunakan untuk membangun aplikasi mobile. Dalam membangun aplikasi, tentu saja kita membutuhkan file apk. Di Flutter, kita dapat membuat file apk dengan mudah melalui perintah flutter build apk. Namun, ada juga yang ingin membuat file apk dengan mode debug. Bagi kamu yang baru menggunakan Flutter, kali ini akan dijelaskan tentang cara membuat file apk debug di Flutter dengan mudah.

Apa itu Flutter Build Apk Debug?

Sebelum masuk ke cara pembuatan, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu flutter build apk debug. Secara sederhana, flutter build apk debug adalah perintah yang digunakan untuk membuat file apk dengan mode debug di Flutter. Dalam mode debug, kita dapat melakukan debug pada kode program, melihat error yang terjadi, dan melakukan simulasi error pada aplikasi. Dalam mode debug, aplikasi masih dalam tahap pengembangan sehingga sebaiknya tidak digunakan untuk aplikasi yang akan di-release.

Cara Membuat File Apk Debug di Flutter

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka Visual Studio Code atau Android Studio. Pastikan kamu telah menginstall Flutter dan telah menambahkan path Flutter pada sistem. Selanjutnya, buatlah projek baru atau buka projek yang telah ada. Kemudian, buka terminal dan masuk ke direktori projek menggunakan perintah cd nama_projek.

Selanjutnya, ketikan perintah flutter build apk –debug pada terminal. Tunggu hingga proses pembuatan selesai. Setelah selesai, file apk debug dapat ditemukan pada direktori nama_projek/build/app/outputs/flutter-apk/app-debug.apk. File apk ini dapat digunakan untuk melakukan debug pada aplikasi.

Kesimpulan

Dalam membuat aplikasi Flutter, kita dapat membuat file apk dengan mudah melalui perintah flutter build apk. Namun, ada juga yang ingin membuat file apk dengan mode debug. Pada mode ini, kita dapat melakukan debugging pada kode program. Untuk membuat file apk debug, kita dapat menggunakan perintah flutter build apk –debug. Dengan begitu, kita dapat memperbaiki error yang terjadi dan melakukan simulasi error pada aplikasi. Dalam aplikasi yang akan di-release, sebaiknya hindari penggunaan mode debug karena aplikasi masih dalam tahap pengembangan.