Domain dan Hosting Gratis 2017
Domain dan Hosting Gratis 2017

Domain dan Hosting Gratis 2017

1. Apa Itu Domain dan Hosting Gratis?

Domain dan hosting gratis adalah layanan yang disediakan oleh beberapa penyedia web hosting yang memungkinkan pemilik situs web untuk memiliki domain dan hosting tanpa membayar biaya bulanan atau tahunan. Biasanya, penyedia web hosting gratis menawarkan paket dasar yang cukup untuk pemula yang ingin memulai membuat situs web.

Namun, ada beberapa kelemahan dalam menggunakan layanan domain dan hosting gratis. Misalnya, fitur-fitur yang disediakan untuk hosting dan domain bisa sangat terbatas. Serat penyedia layanan bisa memasukkan iklan pada situs web yang tidak diinginkan, sehingga mengganggu tampilan situs web. Selain itu, layanan domain dan hosting gratis bisa membatasi akses ke fitur tertentu, seperti membatasi ukuran file dan bandwidth yang digunakan.

Secara umum, layanan domain dan hosting gratis adalah opsi yang baik bagi mereka yang baru memulai di dunia online dan tidak ingin banyak mengeluarkan uang.

2. Beberapa Provider Domain dan Hosting Gratis

Berikut ini beberapa Provider Domain dan Hosting Gratis yang bisa menjadi pilihan kamu dalam membangun website:

1. InfinityFree: Provider ini menawarkan hosting gratis yang tergolong cukup lengkap dan stabil untuk website kamu. Tidak hanya hosting gratis, mereka juga memberikan akses ke bagian kontrol panel, satu klik installer, dan juga support yang cukup baik. Namun, kamu harus siap menghadapi iklan yang disisipkan di halaman website kamu sebagai konsekuensi menggunakan layanan gratis ini.

2. AwardSpace: Provider yang satu ini sudah sangat terkenal di Indonesia. AwardSpace menawarkan hosting gratis dengan fitur seperti bandwith dan storage yang tidak terbatas. Selain itu, mereka juga memiliki banyak templates website yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah dan mempercepat proses pembuatan website kamu.

3. Freehostia: Provider ini menawarkan hosting gratis dengan fitur yang sangat spesifik, salah satunya adalah layanan drag and drop website builder. Tidak hanya itu, mereka juga memberikan akses ke email hosting, FTP, dan juga website builder.

3. Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Layanan Domain dan Hosting Gratis

Setiap penyedia layanan selalu memiliki keuntungan dan kerugian yang berbeda dalam menyediakan layanan domain dan hosting gratis. Berikut ini beberapa keuntungan dan kerugian dari menggunakan layanan domain dan hosting gratis:

Keuntungan:

1. Tidak Perlu Menyediakan Biaya Berlangganan

2. Mudah Digunakan untuk Pemula

3. Banyak Fitur yang Disediakan Secara Gratis

Kerugian:

1. Keterbatasan Fitur yang Disediakan

2. Iklan yang Sering Tampil di Website

3. Tidak Ada Kontrol Penuh atas Website Anda

Kesimpulan

Domain dan hosting gratis adalah opsi yang menguntungkan bagi para pengguna website yang ingin mencoba membuat website pertamanya. Namun, ketika website mulai berkembang, penting untuk mempertimbangkan investasi dalam layanan hosting yang lebih baik dan terpercaya. Dalam memilih provider hosting, pastikan untuk memperhatikan keuntungan dan kerugian yang ditawarkan oleh provider tersebut.