Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membeli Hosting
Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membeli Hosting

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membeli Hosting

1. Uptime

Bila Anda ingin memiliki situs yang selalu tersedia untuk dikunjungi, Uptime akan menjadi faktor terpenting dalam memilih hosting. Uptime merupakan persentase waktu di mana situs Anda dapat diakses oleh pengguna. Pastikan hosting yang Anda pilih memiliki uptime yang tinggi, minimal 99%.

Hosting dengan uptime rendah akan membuat pengunjung kesulitan mengakses situs Anda dan dapat mengakibatkan penurunan SEO dan ranking di mesin pencari seperti Google.

Tanyakan juga tentang SLA (Service Level Agreement) atau jaminan layanan, apabila uptime kurang dari persentase yang dijanjikan maka penjual harus memberikan kompensasi atau pengembalian dana.

2. Bandwidth dan Traffic

Bandwidth dan traffic adalah faktor penting yang harus diperhatikan saat memilih hosting. Bandwidth adalah seberapa banyak data yang bisa ditransfer dari server ke pengunjung dalam suatu periode waktu. Sementara traffic mengacu pada jumlah pengunjung dan halaman yang mereka akses.

Apabila situs Anda terkenal dengan traffic yang tinggi, maka hosting yang Anda pilih harus mampu menangani jumlah pengunjung yang banyak. Pastikan untuk memilih hosting dengan bandwidth dan traffic yang memadai untuk situs Anda.

Sebaiknya juga pilih hosting yang memiliki opsi untuk menambah bandwidth dan traffic jika Anda membutuhkannya pada masa depan.

3. Tipe Hosting

Ada beberapa jenis hosting yang tersedia seperti shared hosting, VPS hosting, dan dedicated hosting. Shared hosting cocok untuk situs kecil atau medium, sedangkan VPS hosting dan dedicated hosting umumnya digunakan untuk situs besar atau dengan traffic yang tinggi.

Pilih jenis hosting yang sesuai untuk situs Anda dan pastikan provider hosting yang Anda pilih memiliki opsi untuk meng-upgrade hosting Anda jika dibutuhkan di masa depan.

Perlu Anda ketahui, VPS hosting dan dedicated hosting lebih mahal daripada shared hosting, namun hosting ini memberikan kontrol yang lebih baik dan performa yang lebih cepat.

4. Ruang Penyimpanan

Ukuran situs Anda akan menentukan berapa banyak ruang penyimpanan yang Anda butuhkan. Pastikan hosting yang Anda pilih memberikan ruang penyimpanan yang memadai untuk situs Anda.

Sebaiknya juga pilih hosting yang memberikan opsi untuk menambah ruang penyimpanan jika Anda membutuhkannya pada masa depan.

Jangan lupa juga memeriksa batasan transfer data atau bandwidth pada hosting, karena transfer data yang tinggi akan membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan.

5. Keamanan

Situs Anda harus aman dari serangan cyber seperti hacking atau malware. Pastikan hosting yang Anda pilih memberikan fitur keamanan yang memadai seperti SSL atau firewall.

Hosting yang baik juga harus memberikan backup dan proteksi terhadap serangan DDoS (Distributed Denial of Service).

Sebaiknya juga pilih provider hosting yang memberikan pembaruan keamanan secara reguler untuk menghindari celah keamanan.

6. Lokasi Server

Lokasi server akan mempengaruhi pengalaman pengguna dalam mengakses situs Anda. Semakin dekat lokasi server dengan pengunjung, semakin cepat situs Anda terbuka.

Pilih provider hosting yang memiliki server dengan lokasi yang sesuai untuk target pengunjung Anda. Jika Anda berfokus pada pengunjung lokal, hosting dengan server di Indonesia akan lebih baik daripada server yang berada di luar negeri.

Hosting dengan server di luar negeri juga dapat mengakibatkan latensi atau waktu jeda yang lebih lama saat pengunjung mengakses situs Anda.

7. Fitur Tambahan

Provider hosting yang baik harus memberikan fitur tambahan yang dibutuhkan oleh situs Anda seperti email hosting, database, atau control panel.

Sebaiknya pilih provider hosting dengan fitur tambahan yang memadai dan mudah digunakan.

Beberapa provider hosting juga menawarkan fitur seperti website builder, SSL gratis, atau integrasi dengan platform CMS seperti WordPress.

8. Harga

Harga akan menjadi salah satu pertimbangan utama pada saat memilih hosting. Namun, jangan memilih hosting hanya karena harganya yang murah, pastikan hosting yang Anda pilih memiliki kualitas yang memadai.

Harga hosting juga dapat bervariasi tergantung pada jenis hosting, kapasitas penyimpanan, dan fitur tambahan yang disertakan.

Sebaiknya pilih provider hosting yang memberikan jaminan uang kembali apabila Anda tidak puas dengan hostingnya.

9. Customer Service

Customer service yang baik sangat dibutuhkan saat Anda mengalami masalah dengan hosting Anda. Pastikan provider hosting menyediakan dukungan teknis yang baik dan cepat dalam merespon permintaan Anda.

Pilih provider hosting yang menyediakan dukungan teknis 24/7 melalui telepon, email, atau live chat.

Pastikan juga provider hosting memiliki basis pengetahuan atau knowledge base yang memadai untuk membantu Anda menyelesaikan masalah kecil yang mungkin terjadi.

10. Reputasi Provider Hosting

Sebelum memilih provider hosting, pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu tentang reputasi provider tersebut. Cek review dari pengguna hosting tersebut pada forum atau situs review hosting.

Pilih provider hosting yang memiliki reputasi baik dan banyak pengguna puas dengan pelayanannya.

Mengambil waktu untuk mempelajari tentang reputasi provider hosting akan membantu Anda memilih provider yang dapat diandalkan dan memberikan kualitas hosting terbaik.

11. Multi-domain Hosting

Hosting yang memungkinkan Anda untuk memiliki lebih dari satu domain pada satu akun hosting akan memberikan fleksibilitas dan efisiensi pada situs Anda.

Pilih provider hosting yang memberikan opsi untuk multi-domain hosting apabila Anda memiliki beberapa situs atau ingin memulai situs baru di masa depan.

Hosting multi-domain biasanya lebih mahal daripada hosting biasa, namun dapat memudahkan Anda dalam mengelola dan memperluas situs Anda.

12. Server Speed dan Performa

Kecepatan server sangat penting dalam menjaga pengalaman pengguna dan SEO situs Anda. Pastikan hosting yang Anda pilih memiliki server yang cepat dan performa yang baik.

Pilih provider hosting yang menggunakan server yang canggih dan dapat menangani traffic tinggi dengan cepat.

Server yang cepat akan memastikan situs Anda dapat diakses dengan cepat oleh pengguna dan akan menyebabkan penilaian yang lebih tinggi dari mesin pencari seperti Google.

13. Tipe Dan Perluasan Hosting

Pilihan tipe hosting yang diberikan juga harus menjadi tolak ukur dalam pemilihan hosting, apabila website berekspektasi tinggi dan memerlukan resource yang besar, Dedicated Hosting adalah pilihan yang tepat dan sebaliknya untuk website dengan visitor yang tidak banyak, Shared Hosting adalah pilihan yang tepat.

Adapun perluasan hosting akan bergantung pada pengembangan website yang akan dilakukan, pastikan provider hosting yang dipilih memiliki opsi untuk melakukan perluasan hosting suatu saat nanti ketika website berkembang.

Jangan sampai hal ini menjadi penghalang bagi pengembangan website yang saat ini diinginkan.

14. Kecepatan akses halaman

Tingkat kecepatan akses halaman sangat berpengaruh terhadap jumlah pengunjung dan SEO, oleh karena itu perhatikan provider hosting yang berkomitmen dalam meningkatkan kualitas layanan yang diberikan.

Dalam sekejap mata, jika situs Anda memerlukan waktu yang lama untuk load, maka pengunjung akan langsung pergi tanpa melihat isi dari website yang ingin ditawarkan.

Pastikan bandwidth yang diberikan sesuai dengan traffic yang diinginkan dan jangan sampai terjadi kelebihan akses yang berakibat pada kecepatan load halaman yang buruk.

15. Scalability

Pilih provider hosting yang membuka opsi untuk perluasan scale atau memperbesar resource yang diberikan pada website yang digunakan. Hal ini sangat penting apabila website yang digunakan mengalami perkembangan dan harus memperluas data yang dimiliki.

Pastikan juga provider hosting yang dipilih memiliki kemampuan untuk menyediakan server yang lebih cepat bila nantinya ada perluasan skala yang lebih tinggi.

Perusahaan penyedia hosting yang baik adalah yang memiliki kemampuan untuk memberikan layanan yang berkualitas dan memperhatikan kebutuhan pengguna.

16. Backup dan Restore

Provider hosting yang baik memerlukan data backup yang dijadwalkan secara teratur sehingga data yang dimiliki tetap aman dan tidak mudah dihapus atau hilang.

Pastikan provider hosting yang dipilih memiliki opsi backup system yang aman dan memberikan opsi untuk restore data pada saat yang dibutuhkan.

Hal ini juga akan berguna saat terjadi kerugian pada sistem seperti hacking, gagal sistem atau kesalahan teknis lainnya.

17. Fitur Tersembunyi

Pilih provider hosting yang memberikan fitur terbaik untuk website Anda, namun juga pastikan bahwa semua fitur tersebut sejalan dengan kebutuhan pengguna.

Jangan sampai hal ini menjadi penghalang pengembangan website yang diinginkan, dan pastikan setiap fitur yang diberikan tidak menghilangkan fitur lain yang lain.

Memilih provider hosting yang transparan dan tidak menyajikan fitur tersembunyi adalah salah satu kunci sukses dalam menjalankan website sampai ke tingkat yang lebih tinggi.

18. Disk Space atau Kapasitas Penyimpanan

Disk Space atau Kapasitas Penyimpanan menjadi hal penting saat pemilihan hosting, oleh karena itu hanya memilih provider hosting yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang sesuai dengan kebutuhan website.

Pilih provider hosting yang tidak membatasi kapasitas penyimpanan, hal ini sangat penting apabila website yang digunakan membutuhkan resource yang besar dan harus disesuaikan dengan pengembangan website.

Hal ini juga berkaitan dengan kualitas layanan yang diberikan oleh provider hosting, semakin baik layanan hosting, semakin besar disk space yang bisa digunakan.

19. Kecepatan Layanan

Kecepatan layanan menjadi tolak ukur penting saat pemilihan provider hosting, provider hosting yang baik adalah provider, yang cepat merespon apabila ada pertanyaan/pengaduan atau keluhan terkait website.

Semua masalah harus bisa diselesaikan dengan cepat dan mudah, kecepatan layanan menjadi suatu keharusan untuk provider hosting yang baik dan terbaik.

Pilih provider hosting yang responsif dan mampu menjawab semua pertanyaan dengan baik dan sopan.

20. Diversity of Control Panel

Pilih provider hosting yang memberikan opsi control panel yang berbeda-beda dan mudah digunakan, tergantung pada preferensi pengguna, control panel juga membuka celah bagi pengguna untuk mengembangkan website sesuai dengan kebutuhannya.

Jangan sampai provider hosting yang digunakan hanya memberikan satu opsi control panel, oleh karena itu perlu dipertimbangkan apabila ada control panel lain yang lebih mudah dan sesuai dengan pengembangan website yang diinginkan.

Semua pengguna pasti membutuhkan kontrol yang lebih baik terhadap website yang digunakan, oleh karena itu pilih provider hosting yang memberikan opsi control panel yang lebih beragam.

21. Kompatibilitas

Apabila Anda mempunyai website dengan CMS tertentu seperti WordPress, Joomla atau Drupal, periksalah kompatibilitas website Anda dengan provider hosting yang akan digunakan.

Jangan sampai hal ini menjadi kendala ketika website sudah berjalan, pastikan bahwa provider hosting yang dipilih sudah kompatibel dengan CMS yang digunakan.

Provider hosting yang baik tentunya sudah bisa dianggap sebagai pilihan untuk digunakan sebagai hosting untuk website yang saat ini diinginkan.

22. Environmentally Friendly Server

Pilih provider hosting yang menggunakan server yang ramah lingkungan, dan menggunakan energi yang lebih sedikit menjadi salah satu faktor penting dalam pemilihan provider hosting untuk website.

Penyedia hosting yang baik adalah penyedia yang memperhatikan lingkungan dan ikut serta dalam memperbaiki lingkungan hidup.

Jangan sampai hal ini diabaikan, lingkungan menjadi suatu hal yang penting bagi semua orang, apalagi saat ini semakin banyak orang yang merusak lingkungan.

23. Memeriksa Kontrak dan Kebijakan

Pilih provider hosting yang bisa dipercaya dan mereka mempunyai kebijakan yang tepat dan sesuai, seperti kebijakan privasi dan persetujuan penggunaan dalam penggunaan website.

Pilih provider hosting yang memahami kebutuhan pengguna dan mengikuti semua kebijakan terkait penggunaan website, jangan sampai terjadi kesalahan dalam perjanjian atau kontrak yang membuat kerugian terhadap pengguna.

Jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan nantinya, dengan memahami kontrak dan kebijakan, maka pengguna sudah siap dalam menggunakan hosting yang diinginkannya.

24. Kemampuan Server

Pilih provider hosting dengan kemampuan server yang baik, hal ini akan mempermudah dalam pengembangan website di masa yang akan datang.

Perusahaan hosting yang baik memiliki kemampuan dalam mengembangkan website secara cepat dan memadai sesuai dengan kebutuhan website.

Pilih provider hosting yang mampu mengembangkan website secara lebih cepat dan lebih baik dengan menggunakan server yang lebih canggih dan baru.

25. Tanya Pengguna

Mendapatkan jawaban langsung dari pengguna hosting mengenai kelebihan dan kekurangan dari provider hosting akan memudahkan dalam memilih provider hosting yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Minta saran dan pendapat dari pengguna hosting yang telah menggunakan provider hosting tertentu, banyak informasi yang bisa didapatkan dari pengguna yang telah menggunakan provider hosting ini sebelumnya.

Dalam memilih provider hosting, informasi yang akurat dan terkini dari pengguna yang telah menggunakannya menjadi tolak ukur penting dalam memilih provider hosting yang tepat.

Kesimpulan

Membeli hosting untuk website yang akan digunakan menjadi salah satu hal penting dalam pengembangan website, Oleh karena itu perlu dipilih provider hosting yang berkualitas dan mampu memperhatikan kebutuhan pengguna, serta memiliki kemampuan untuk mengembangkan website dengan lebih cepat dan lebih baik.

Pilih provider hosting yang berkualitas dan kokoh dengan memberikan layanan yang ter