Hapus Akun Hosting di WHM: Panduan Lengkap
Hapus Akun Hosting di WHM: Panduan Lengkap

Hapus Akun Hosting di WHM: Panduan Lengkap

1. Mengapa Anda Perlu Menghapus Akun Hosting di WHM?

Menghapus akun hosting di WHM adalah proses yang perlu dilakukan ketika Anda ingin menutup atau mengakhiri layanan hosting di suatu provider. Alasan lainnya mungkin Anda ingin beralih ke provider hosting yang lebih baik atau memutuskan untuk tidak menggunakan layanan hosting sekaligus menghemat biaya.

Apapun alasan Anda, yang pasti penghapusan akun hosting perlu dilakukan secara benar dan hati-hati. Jika Anda melakukan penghapusan secara asal-asalan, maka bisa jadi data penting Anda justru ikut terhapus dan hilang selamanya.

Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk menghapus akun hosting di WHM dengan benar dan aman.

2. Backup Data Penting Anda Sebelum Menghapus Akun Hosting

Sebelum melakukan penghapusan akun hosting, pastikan Anda sudah melakukan backup semua data penting yang ada di website Anda. Data ini bisa berupa file-file website, database, email, atau konfigurasi website.

Anda bisa melakukan backup menggunakan fitur backup di WHM atau menggunakan plugin backup yang tersedia di platform website Anda. Ada banyak plugin backup yang tersedia seperti BackupBuddy, UpdraftPlus, BackUpWordPress, dan lain sebagainya.

Jika Anda tidak ingin ribet, Anda juga bisa meminta bantuan dari tim teknis provider hosting Anda untuk melakukan backup data penting. Setelah itu, Anda bisa lanjut ke langkah penghapusan akun hosting.

3. Buat List Semua Domain yang Masuk dalam Akun Hosting yang Akan Dihapus

Sebelum menghapus akun hosting, Anda perlu membuat list semua domain yang terkait dengan akun hosting yang akan dihapus. Misalnya, jika akun hosting Anda memiliki tiga website dengan domain website1.com, website2.com, dan website3.com, maka semua domain tersebut harus didaftar.

Daftar ini nantinya akan digunakan untuk menghindari salah hapus domain yang seharusnya tidak ikut terhapus. List domain ini juga akan mempermudah Anda dalam melakukan skip atau menghapus domain yang tidak dibutuhkan lagi.

Setelah Anda membuat list semua domain, Anda bisa lanjut ke langkah selanjutnya yaitu melakukan penghapusan akun hosting di WHM.

Kesimpulan

Menghapus akun hosting di WHM bukanlah proses yang sulit jika dilakukan dengan benar. Pastikan Anda sudah melakukan backup data penting dan membuat list semua domain yang terkait dengan akun hosting yang akan dihapus.

Dalam melakukan penghapusan, pastikan Anda memilih opsi yang benar, hati-hati dalam memilih domain yang akan dihapus, dan memastikan tidak ada lagi website yang terhubung dengan akun hosting tersebut. Jika Anda merasa kesulitan, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan dari tim teknis provider hosting Anda.