Cara Agar Aplikasi Tidak Relog saat Membuka Aplikasi Lain
Cara Agar Aplikasi Tidak Relog saat Membuka Aplikasi Lain

Cara Agar Aplikasi Tidak Relog saat Membuka Aplikasi Lain

Apakah kamu pernah mengalami ketika membuka aplikasi lain, aplikasi yang sedang kamu gunakan harus relog kembali? Hal ini tentu sangat menjengkelkan terutama jika kamu sedang menggunakan aplikasi yang membutuhkan login seperti aplikasi sosial media atau e-commerce. Namun, jangan khawatir karena dalam artikel ini kita akan membahas cara agar aplikasi tidak relog saat membuka aplikasi lain.

Menggunakan Fitur Multitasking

Salah satu cara agar aplikasi tidak relog saat membuka aplikasi lain adalah dengan menggunakan fitur multitasking pada smartphone kita. Fitur ini memungkinkan kamu untuk membuka beberapa aplikasi secara bersamaan tanpa harus menutup aplikasi yang sedang kamu gunakan. Caranya adalah dengan menekan tombol recent apps (terkadang berupa ikon tiga garis atau tombol persegi) yang ada di bawah layar smartphone kamu. Kemudian, pilih aplikasi yang ingin kamu buka dan tinggal geser layar kamu ke kiri atau ke kanan untuk kembali ke aplikasi sebelumnya.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi mendukung fitur multitasking ini. Beberapa aplikasi seperti game atau aplikasi yang membutuhkan banyak sumber daya mungkin tidak akan bekerja dengan baik saat digunakan bersamaan dengan aplikasi lain. Jadi, pastikan kamu memeriksa terlebih dahulu sebelum mencoba menggunakan fitur multitasking ini.

Untuk memastikan bahwa aplikasi kamu tidak relog saat membuka aplikasi lain, kamu juga bisa mencoba menggunakan fitur split screen pada smartphone kamu. Hal ini memungkinkan kamu untuk menampilkan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar. Caranya adalah dengan menekan tombol recent apps dan kemudian tekan dan tahan aplikasi yang ingin kamu buka. Pilih opsi split screen dan pilih aplikasi kedua yang ingin kamu buka. Kamu bisa menyesuaikan ukuran layar dari masing-masing aplikasi dengan cara menarik garis pemisah di antara keduanya.

Menggunakan Aplikasi Pengelola Tugas

Salah satu cara lain untuk menghindari relog pada aplikasi saat membuka aplikasi lain adalah dengan menggunakan aplikasi pengelola tugas. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengelola aplikasi yang sedang berjalan di belakang layar dan mematikan aplikasi yang tidak kamu gunakan agar tidak mengganggu performa smartphone kamu.

Banyak aplikasi pengelola tugas yang tersedia di Play Store atau App Store. Beberapa aplikasi yang direkomendasikan adalah Greenify, CCleaner, atau Tasker. Dengan menggunakan aplikasi pengelola tugas, kamu bisa mematikan aplikasi yang tidak kamu gunakan dan menghemat baterai smartphone. Namun, pastikan kamu tidak mematikan aplikasi yang sedang kamu gunakan karena hal ini bisa menyebabkan aplikasi restart atau crash.

Selain menghemat baterai dan menghindari relog pada aplikasi, penggunaan aplikasi pengelola tugas juga bisa membantu kamu meningkatkan performa smartphone kamu dan menjaga keamanan data. Beberapa aplikasi pengelola tugas juga dilengkapi dengan fitur antivirus dan privacy protection yang bisa melindungi smartphone kamu dari serangan malware atau hacker.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara agar aplikasi tidak relog saat membuka aplikasi lain. Kamu bisa mencoba menggunakan fitur multitasking atau aplikasi pengelola tugas untuk menghindari masalah relog pada aplikasi. Namun, pastikan kamu tidak mematikan aplikasi yang sedang kamu gunakan dan memperhatikan aplikasi yang mendukung fitur multitasking. Dengan cara ini, kamu bisa menggunakan smartphone kamu dengan lebih efisien dan tanpa gangguan.