Hosting Gratis WordPress 2019: Apakah Masih Ada?
Hosting Gratis WordPress 2019: Apakah Masih Ada?

Hosting Gratis WordPress 2019: Apakah Masih Ada?

Jika Anda baru memulai blog atau website menggunakan platform WordPress, maka pertanyaan yang muncul di benak Anda pasti adalah, “Apakah masih ada hosting gratis WordPress di tahun 2019 ini?” Jawabannya adalah, “Ya, masih ada!” Namun, sebelum Anda melompat ke kesimpulan bahwa Anda sudah menemukan holy grail hosting gratis, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu.

Pertama-tama, hosting gratis WordPress biasanya tidak menyediakan fitur dan resource yang setara dengan hosting berbayar. Anda mungkin akan terbatas pada kapasitas penyimpanan yang sangat rendah, bandwidth yang terbatas, dan fitur yang minim. Selain itu, Anda juga harus bersiap-siap untuk melihat iklan-iklan yang muncul di situs Anda, karena itulah cara hosting gratis WordPress mendapatkan uang.

Meskipun begitu, hosting gratis WordPress tetap menjadi pilihan yang menarik bagi para blogger dan website owner yang ingin memulai tanpa harus mengeluarkan biaya. Berikut adalah beberapa hosting gratis WordPress yang masih bisa Anda coba di tahun 2019 ini.

WordPress.com

WordPress.com adalah hosting gratis WordPress yang paling populer dan paling dikenal. WordPress.com menyediakan platform blogging yang lengkap dengan fitur-fitur seperti custom domain, tema dan plugin, analytics, dan dukungan dari komunitas WordPress. Namun, Anda harus bersiap-siap melihat iklan-iklan di situs Anda dan Anda juga terbatas pada kapasitas penyimpanan yang rendah.

Jika Anda ingin meningkatkan kapasitas penyimpanan dan menghilangkan iklan-iklan, Anda bisa membeli layanan premium dari WordPress.com dengan biaya mulai dari $4 per bulan.

000webhost

000webhost adalah salah satu hosting gratis WordPress yang paling terkenal. Selain menyediakan hosting gratis WordPress, 000webhost juga menyediakan hosting gratis untuk website non-Wordpress. Anda akan mendapatkan kapasitas penyimpanan sebesar 1.5 GB, bandwidth yang tak terbatas, dan fitur-fitur seperti panel kontrol cPanel, PHP, MySQL, dan FTP.

Namun, perlu diingat bahwa 000webhost seringkali mengalami down, sehingga situs Anda mungkin tidak dapat diakses untuk sementara waktu. Selain itu, 000webhost juga membatasi jumlah pengunjung yang bisa mengakses situs Anda per bulan.

AwardSpace

AwardSpace adalah hosting gratis WordPress yang menyediakan kapasitas penyimpanan sebesar 1 GB, bandwidth yang tak terbatas, dan fitur-fitur seperti panel kontrol cPanel, PHP, MySQL, dan FTP. AwardSpace juga menawarkan beberapa fitur keamanan dan dukungan pelanggan yang cukup baik.

Namun, AwardSpace membatasi jumlah database dan email yang bisa Anda gunakan. Selain itu, AwardSpace juga menampilkan iklan-iklan di situs Anda. Jika Anda ingin menghilangkan iklan-iklan dan meningkatkan kapasitas penyimpanan, Anda bisa membeli layanan premium dari AwardSpace dengan biaya mulai dari $2.99 per bulan.

Kesimpulan

Jika Anda ingin memulai blog atau website tanpa harus mengeluarkan biaya, hosting gratis WordPress masih menjadi pilihan yang menarik. Namun, perlu diingat bahwa hosting gratis WordPress memiliki keterbatasan dan kekurangan. Pilihlah hosting gratis WordPress yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan jangan lupa untuk mengupgrade ke layanan premium jika Anda membutuhkan fitur dan resource yang lebih baik.