Hosting in IIS Make HTTPS
Hosting in IIS Make HTTPS

Hosting in IIS Make HTTPS

Bicara tentang hosting website, ada banyak platform yang bisa kita gunakan. Salah satunya adalah IIS atau Internet Information Services. Platform ini sering digunakan oleh pengguna Windows, karena sudah terintegrasi langsung dengan sistem operasi tersebut. Selain itu, IIS juga memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap untuk mengelola website, seperti membuat domain, subdomain, dan juga mengatur keamanan website.

Meskipun IIS cukup populer, masih banyak pengguna yang belum tahu bagaimana cara mengaktifkan HTTPS pada website mereka. Padahal, HTTPS merupakan protokol yang sangat penting untuk meningkatkan keamanan website, terutama untuk melindungi data pribadi pengguna. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat HTTPS pada hosting in IIS. Yuk, simak pembahasannya!

Step by Step Membuat HTTPS pada Hosting in IIS

Sebelum memulai, pastikan kamu sudah memiliki sertifikat SSL yang valid. Sertifikat ini bisa kamu dapatkan dari penyedia layanan SSL seperti Cloudflare, Let’s Encrypt, atau Comodo. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Instalasi Sertifikat SSL

Pertama-tama, kamu perlu menginstal sertifikat SSL pada server IIS. Caranya cukup mudah, yaitu dengan membuka menu Start dan ketik “mmc”. Setelah itu, tambahkan snap-in “Certificate” dan pilih “Computer Account”. Selanjutnya, impor sertifikat SSL yang sudah kamu dapatkan.

2. Buat Binding HTTPS

Setelah sertifikat SSL terpasang, kamu bisa membuat binding HTTPS pada website yang ingin kamu aktifkan HTTPS-nya. Untuk melakukannya, buka IIS Manager dan pilih website yang ingin kamu aktifkan HTTPS-nya. Klik kanan pada website tersebut dan pilih “Edit Bindings”. Selanjutnya, tambahkan binding baru dengan protokol “https” dan pilih sertifikat SSL yang sudah terpasang.

3. Aktifkan HTTPS Redirect

Terakhir, kamu bisa mengaktifkan HTTPS redirect untuk memastikan seluruh pengunjung website akan dialihkan ke HTTPS secara otomatis. Caranya, buka menu “HTTP Redirect” pada website yang ingin kamu aktifkan HTTPS-nya. Pilih opsi “Redirect requests to this destination” dan masukkan URL dengan protokol “https”. Jangan lupa centang opsi “Only redirect requests to content in this directory (not subdirectories)” dan “Redirect all requests to exact destination”.

Kelebihan Menggunakan HTTPS pada Hosting in IIS

Sudah tahu cara membuat HTTPS pada hosting in IIS? Nah, selain meningkatkan keamanan website, ada beberapa keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan HTTPS pada IIS. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Meningkatkan Kepercayaan Pengunjung

Dengan menggunakan HTTPS, pengunjung website akan merasa lebih aman dan nyaman untuk berinteraksi dengan website kamu. Selain itu, beberapa browser juga akan menampilkan tanda gembok hijau pada URL website kamu, menandakan bahwa website kamu sudah terverifikasi dan terjamin keamanannya.

2. Memperbaiki SEO

Google dan beberapa mesin pencari lainnya sudah mulai memberikan peringkat lebih tinggi pada website yang menggunakan HTTPS. Hal ini dikarenakan HTTPS dianggap sebagai faktor penting dalam menjamin keamanan website dan melindungi data pengguna. Jadi, dengan menggunakan HTTPS, kamu bisa meningkatkan ranking website kamu di mesin pencari.

3. Melindungi Data Pengguna

Dengan menggunakan HTTPS, data pengguna yang dikirim melalui website kamu akan dienkripsi sehingga lebih sulit untuk dibaca oleh pihak yang tidak berwenang. Hal ini sangat penting untuk melindungi data pribadi pengguna seperti nama, alamat, nomor telepon, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Jadi, sudah tahu kan bagaimana cara membuat HTTPS pada hosting in IIS? Selain meningkatkan keamanan website, menggunakan HTTPS pada IIS juga memiliki beberapa keuntungan lain seperti meningkatkan kepercayaan pengunjung, memperbaiki SEO, dan melindungi data pengguna. Jadi, jangan ragu untuk mengaktifkan HTTPS pada website kamu ya!