Hosting in Wamp
Hosting in Wamp

Hosting in Wamp

Menjalankan website secara lokal memang sangat praktis dan efektif, terutama bagi para developer yang sering melakukan pengembangan website. Salah satu cara untuk melakukan hosting website secara lokal adalah dengan menggunakan aplikasi Wamp. Bagi kamu yang masih awam dengan Wamp, artikel ini akan membahas secara lengkap tentang bagaimana cara melakukan hosting website menggunakan Wamp.

Instalasi Wamp

Sebelum melakukan hosting website menggunakan Wamp, langkah awal yang harus dilakukan adalah menginstal aplikasi Wamp terlebih dahulu. Kamu dapat mengunduh aplikasi Wamp di situs resminya dan pilihlah versi Wamp yang sesuai dengan sistem operasi yang kamu gunakan. Setelah mengunduh aplikasi Wamp, kamu dapat mengikuti panduan instalasinya dengan mengklik tombol Next hingga selesai.

Setelah instalasi selesai, kamu akan melihat icon Wamp di layar desktop kamu. Klik icon tersebut untuk membuka aplikasi Wamp. Kamu akan melihat tampilan Wamp Server yang menunjukkan status server Wamp kamu. Apabila lampu indikator Wamp Server berwarna hijau, itu berarti server Wamp kamu sudah aktif.

Setelah berhasil menginstal aplikasi Wamp, kamu dapat memulai langkah selanjutnya yaitu melakukan hosting website menggunakan Wamp. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Konfigurasi Wamp

Langkah pertama dalam melakukan hosting website menggunakan Wamp adalah dengan melakukan konfigurasi. Kamu dapat melakukan konfigurasi dengan mengklik icon Wamp di layar desktop kamu dan pilih menu Apache > httpd.conf. Setelah itu, kamu akan melihat file konfigurasi Apache.

Pada file konfigurasi Apache tersebut, kamu dapat mencari baris kode berikut:

#LoadModule rewrite_module modules/mod_rewrite.so

Setelah itu, hilangkan tanda pagar (#) pada baris tersebut agar kode tersebut dapat dijalankan. Kemudian, simpan file konfigurasi Apache tersebut.

Setelah melakukan konfigurasi, langkah selanjutnya adalah dengan membuat folder website kamu di direktori Wamp. Kamu dapat membuat folder website kamu dengan mengklik icon Wamp di layar desktop kamu dan pilih menu www directory. Setelah itu, kamu dapat membuat folder website kamu di dalam direktori www.

Menjalankan Website

Setelah berhasil membuat folder website kamu di direktori Wamp, langkah selanjutnya adalah dengan menjalankan website kamu. Kamu dapat melakukannya dengan membuka browser kamu dan ketikkan alamat localhost/nama_folder_website_kamu. Kamu akan melihat website kamu sudah berhasil dijalankan di browser kamu.

Selain menggunakan alamat localhost, kamu juga dapat menggunakan alamat IP lokal komputer kamu untuk menjalankan website kamu. Kamu dapat mengetahui alamat IP lokal komputer kamu dengan membuka command prompt dan ketikkan perintah ipconfig. Setelah itu, kamu dapat mencari bagian IPv4 Address yang menunjukkan alamat IP lokal komputer kamu.

Sekarang kamu sudah berhasil melakukan hosting website menggunakan Wamp. Selamat mencoba!

Kesimpulan

Hosting website secara lokal dengan menggunakan Wamp memang sangat praktis dan efektif. Kamu dapat melakukan pengembangan website dengan lebih mudah dan cepat. Dalam melakukan hosting website menggunakan Wamp, kamu harus menginstal aplikasi Wamp terlebih dahulu, melakukan konfigurasi, membuat folder website kamu di direktori Wamp, dan menjalankan website kamu dengan menggunakan alamat localhost atau alamat IP lokal komputer kamu.