Hosting Gratis 2020: Apa yang Harus Kamu Ketahui?
Hosting Gratis 2020: Apa yang Harus Kamu Ketahui?

Hosting Gratis 2020: Apa yang Harus Kamu Ketahui?

Bagi para pemilik website atau blogger, hosting adalah salah satu elemen penting yang harus dipertimbangkan. Hosting merupakan layanan yang menyimpan data website atau blog dan membuatnya bisa diakses oleh pengguna internet. Ada banyak penyedia hosting di luar sana, namun tidak sedikit pula yang memilih untuk menggunakan layanan hosting gratis.

Hosting gratis memang terlihat menarik karena tidak memerlukan biaya, namun kamu harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilih layanan tersebut. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang hosting gratis di tahun 2020 dan apa yang harus kamu ketahui sebelum menggunakan layanan tersebut.

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Hosting Gratis

Memilih hosting gratis memiliki keuntungan dan kerugian yang harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan tersebut. Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari menggunakan hosting gratis:

Pertama, kamu tidak perlu membayar biaya apapun. Ini tentu menjadi keuntungan bagi kamu yang masih baru dalam dunia website atau blog dan belum memiliki banyak penghasilan.

Kedua, hosting gratis memiliki fitur yang cukup lengkap untuk membuat website atau blog yang sederhana. Kamu bisa membuat website atau blog dengan domain yang disediakan oleh penyedia hosting gratis.

Namun, hosting gratis juga memiliki beberapa kerugian yang harus kamu pertimbangkan. Pertama, kecepatan website atau blog yang kamu buat akan lebih lambat dibandingkan dengan menggunakan hosting berbayar. Hal ini dikarenakan hosting gratis biasanya memiliki banyak pengguna sehingga servernya menjadi lambat.

Kedua, kamu harus siap dengan iklan yang muncul di website atau blog kamu. Hal ini dikarenakan penyedia hosting gratis memperoleh penghasilan dari iklan yang muncul di website atau blog kamu.

Ketiga, kamu tidak memiliki kontrol penuh atas website atau blog kamu. Layanan hosting gratis biasanya memiliki batasan-batasan tertentu sehingga kamu tidak bisa melakukan banyak hal seperti mengubah tema atau menambahkan plugin.

Layanan Hosting Gratis Terbaik di Tahun 2020

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan layanan hosting gratis, kamu harus memilih penyedia hosting yang terbaik. Berikut ini adalah beberapa layanan hosting gratis yang terbaik di tahun 2020:

Pertama, InfinityFree. Layanan hosting ini menyediakan fitur yang cukup lengkap dan stabil. InfinityFree juga memiliki tampilan yang simpel sehingga mudah digunakan oleh pemula.

Kedua, ByetHost. Layanan hosting ini menyediakan fitur yang cukup lengkap dan kecepatan yang cukup stabil. ByetHost juga menyediakan domain gratis dan opsi untuk menggunakan SSL gratis.

Ketiga, Freehostia. Layanan hosting ini menyediakan fitur yang lengkap dan kecepatan yang cukup stabil. Freehostia juga memiliki tampilan yang menarik dan mudah digunakan.

Bagaimana Cara Memilih Hosting Gratis yang Terbaik?

Memilih hosting gratis yang terbaik tidaklah mudah. Kamu harus mempertimbangkan beberapa hal seperti kecepatan, fitur, dan ketersediaan domain gratis. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih hosting gratis yang terbaik:

Pertama, cari layanan hosting yang memiliki kecepatan yang cukup stabil. Kamu bisa mencari review dari pengguna lain untuk mengetahui kecepatan hosting tersebut.

Kedua, cari layanan hosting yang menyediakan fitur yang lengkap. Pastikan hosting tersebut menyediakan opsi untuk menggunakan SSL dan memungkinkan kamu untuk menggunakan CMS seperti WordPress.

Ketiga, pilih layanan hosting yang menyediakan domain gratis. Ini akan memudahkan kamu dalam membuat website atau blog tanpa harus membeli domain terlebih dahulu.

Kesimpulan

Memilih hosting gratis memang menarik karena tidak memerlukan biaya, namun kamu harus mempertimbangkan keuntungan dan kerugian dari layanan tersebut. Jika kamu memutuskan untuk menggunakan hosting gratis, pastikan kamu memilih penyedia hosting yang terbaik dan mempertimbangkan beberapa hal seperti kecepatan dan fitur yang disediakan.