Cara Melihat Name Server pada Hosting
Cara Melihat Name Server pada Hosting

Cara Melihat Name Server pada Hosting

Apa itu Name Server?

Sebelum membahas cara melihat name server pada hosting, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu name server. Name server merupakan server yang bertugas untuk mengelola alamat IP yang terhubung dengan sebuah domain. Dengan adanya name server, pengguna internet dapat lebih mudah mengakses sebuah website tanpa harus mengingat alamat IP-nya.

Name server sendiri terdiri dari dua bagian, yaitu nama domain dan alamat IP. Nama domain adalah nama website yang kita akses, sedangkan alamat IP adalah angka yang mengidentifikasi server yang menyimpan website tersebut.

Dengan mengetahui name server dari sebuah hosting, kita dapat mengatur atau mengubah DNS (Domain Name System) pada domain yang kita miliki.

Cara Melihat Name Server pada Hosting

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melihat name server pada hosting. Cara pertama adalah dengan masuk ke cPanel hosting yang kita gunakan. Setelah masuk ke cPanel, cari menu “Account Information” atau “Account Details”. Pada menu tersebut, kita dapat melihat informasi tentang akun hosting yang kita miliki, termasuk name server-nya.

Cara kedua adalah dengan menggunakan aplikasi WHOIS. Aplikasi ini dapat diakses melalui browser atau menggunakan perintah di terminal. Setelah masuk ke aplikasi WHOIS, masukkan nama domain yang ingin kita lihat name server-nya. Nantinya, aplikasi akan menampilkan informasi tentang domain tersebut, termasuk name server yang digunakan.

Cara ketiga adalah dengan menghubungi customer service dari penyedia hosting yang kita gunakan. Kita dapat mengirimkan email atau menghubungi nomor telepon customer service yang tersedia. Customer service akan memberikan informasi tentang name server pada hosting yang kita gunakan.

Kesimpulan

Melihat name server pada hosting merupakan hal yang penting untuk mengatur atau mengubah DNS pada domain yang kita miliki. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melihat name server, di antaranya adalah melalui cPanel hosting, menggunakan aplikasi WHOIS, atau menghubungi customer service dari penyedia hosting. Dengan mengetahui name server dari sebuah hosting, kita dapat lebih mudah mengelola domain yang kita miliki.