Cara Upload Custom HTML ke Hosting
Cara Upload Custom HTML ke Hosting

Cara Upload Custom HTML ke Hosting

Apa itu Custom HTML?

Custom HTML adalah kode-kode yang dibuat oleh pengguna untuk mengubah tampilan dan fungsi dari website. Kode-kode ini dapat dibuat menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, dan JavaScript. Dalam penggunaannya, custom HTML dapat dimasukkan ke dalam berbagai jenis konten, seperti halaman web, widget, atau blog post.

Dalam meng-upload custom HTML ke hosting, Anda perlu melakukan beberapa langkah untuk memastikan kode-kode tersebut dapat berjalan dengan baik di website Anda. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda lakukan:

Langkah 1: Pilih Host dan Server

Sebelum Anda dapat meng-upload custom HTML ke hosting, Anda perlu memilih host dan server terlebih dahulu. Host adalah perusahaan yang menyediakan layanan hosting untuk website Anda, sedangkan server adalah tempat di mana website Anda akan di-host. Ada banyak pilihan host dan server yang tersedia di pasaran, jadi pastikan Anda memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Setelah Anda memilih host dan server, Anda perlu mendaftar dan memperoleh akses ke akun hosting Anda. Biasanya, host akan memberikan Anda akses ke cPanel, yang merupakan panel kontrol untuk mengelola website Anda.

Langkah 2: Buat Folder Baru

Setelah Anda mendapatkan akses ke cPanel, langkah selanjutnya adalah membuat folder baru di dalam website Anda. Folder ini akan digunakan untuk menyimpan custom HTML Anda. Untuk membuat folder baru, Anda dapat masuk ke File Manager di cPanel dan klik tombol “New Folder”. Beri nama folder tersebut sesuai dengan keinginan Anda.

Pastikan Anda membuat folder di dalam direktori utama website Anda. Jika Anda memiliki banyak domain atau subdomain, pastikan Anda membuat folder yang sesuai dengan domain atau subdomain tersebut.

Langkah 3: Upload Custom HTML

Setelah Anda membuat folder baru, langkah selanjutnya adalah meng-upload custom HTML Anda ke dalam folder tersebut. Anda dapat menggunakan File Manager di cPanel untuk meng-upload file HTML Anda. Caranya adalah dengan mengklik tombol “Upload” dan memilih file yang ingin Anda upload. Pastikan bahwa file HTML Anda memiliki nama yang jelas dan mudah diingat.

Setelah file HTML Anda berhasil di-upload, pastikan bahwa file tersebut berada di dalam folder yang sudah Anda buat sebelumnya. File HTML tersebut harus berada di dalam direktori utama website Anda, atau di dalam direktori yang sesuai dengan domain atau subdomain Anda.

Langkah 4: Verifikasi Custom HTML Anda

Setelah Anda berhasil meng-upload custom HTML Anda ke dalam website, langkah selanjutnya adalah memverifikasi bahwa kode-kode tersebut berjalan dengan baik. Anda dapat melakukan verifikasi ini dengan membuka website Anda dan mencari tampilan atau fungsi baru yang sudah Anda tambahkan.

Jika custom HTML Anda tidak berjalan dengan baik, coba periksa kembali kode-kode tersebut dan pastikan bahwa tidak ada kesalahan penulisan atau sintaks yang salah. Jika Anda masih mengalami masalah, Anda dapat mencari bantuan dari forum atau komunitas pengguna lainnya.

Kesimpulan

Meng-upload custom HTML ke hosting dapat menjadi cara yang baik untuk mengubah tampilan dan fungsi dari website Anda. Namun, dalam melakukan hal ini, pastikan bahwa Anda memilih host dan server yang sesuai dengan kebutuhan Anda, membuat folder baru di dalam website Anda, meng-upload custom HTML Anda ke dalam folder tersebut, dan memverifikasi bahwa kode-kode tersebut berjalan dengan baik. Dengan melakukan hal-hal ini, Anda dapat memastikan bahwa website Anda selalu tampil dengan baik dan memuaskan pengunjung Anda.