cara instal window 10 dengan flashdisk

Cara Instal Window 10 Dengan Flashdisk Berikut Gambar Panduan

Tutorial cara instal Windows 10 dengan flashdisk dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Jadi kamu tidak perlu membawanya ke tempat servis jika mengikuti langkah-langkah di artikel ini.

Menginstal Windows 10 tidak memakan waktu berjam-jam jika kamu melakukannya sendiri. Kamu sebenarnya hanya perlu menghabiskan beberapa menit.

Namun, Kamu harus menghubungkan laptop ke pengisi daya selama instalasi. Ini akan mencegah laptop mati secara tiba-tiba karena baterai lemah.

Kamu dapat menggunakan Flashdisk yang dapat di-boot untuk proses instalasi. Menginstal Windows 10 dengan flash bahkan lebih mudah dan lebih cepat daripada dengan metode lain.

Cara Instal Windows 10 dengan Flashdisk Tanpa Kehilangan Data

1. Siapkan Flashdisk Untuk Bootable

1. Kamu perlu download tool media instalasi. Tool ini bisa didownload di Microsoft Store.

Cara Instal Window 10 Dengan Flashdisk

2. Simpan file tersebut di PC kamu.

3. Lalu, hubungkan flashdisk ke PC. Gunakan flashdisk kosong.

4. Kemudian, buka file yang telah kamu unduh sebelumnya, klik kiri dua kali.

Cara Instal Window 10 Dengan Flashdisk

5. Klik ‘Yes’ saat kamu diminta konfirmasi perubahan perangkat.

Cara Instal Window 10 Dengan Flashdisk

6. Akan muncul jendela yang berisi persyaratan lisensi. Untuk melanjutkannya, kamu bisa klik ‘Accept’.

🔥 Trending 🔥  Cara Cek Kuota Smartfren

Cara Instal Window 10 Dengan Flashdisk

7. Kamu akan membuat flashdisk menjadi media instalasi, Klik ‘Create installation media (USB flash drive, DVD, or ISO file) for another PC’. Lalu, klik ‘Next’.

Cara Instal Window 10 Dengan Flashdisk

8. Kemudian, atur language, edition, dan architecture. Jika checkbox ‘Use the recommended options for this PC’ masih tercentang, hapus centangan terlebih dahulu. Kemudian, pilih language, edition, dan architecture sesuai komputer yang ingin di-instal ulang. Kemudian, klik ‘Next’.

Cara Instal Window 10 Dengan Flashdisk

9. Pilih media instalasi yang akan digunakan. Sebab, kamu menggunakan flashdisk ‘USB Flash Drive’. Selanjutnya, klik ‘Next’.

Cara Instal Window 10 Dengan Flashdisk

10. Pilih flashdisk yang ingin digunakan, kemudian klik ‘Next’.

11. klik ‘Finish’. Tunggu hingga menginstal flashdisk Windows 10 dapat dibuat. Lama atau cepatnya tergantung dari kecepatan internet dan berapa ukuran data yang di-install. Jadi, pastikan jaringan internet yang kamu gunakan sangat cepat.

Cara Instal Window 10 Dengan Flashdisk

 

2. Cara Instal Window 10 Dengan Flashdisk

Sekarag kamu dapat melakukan instal Windows 10. Berikut ini adalah cara instal Windows 10 dengan flashdisk GPT

1. Konek Flashdisk ke PC/Laptop

Hubungkan flashdisk yang sudah menjadi bootable ke komputer yang ingin di-instal. Nyalakan perangkat komputer, kemudian pilih opsi ‘Boot sebagai USB flash drive’. Komputer akan masuk ke mode Windows Setup. Pilih bahasa, waktu, dan mata uang, serta bahasa. Lalu, masukkan keyboard yang akan digunakan. Jika sudah, klik ‘Next’.

2. Masukkan Product Key

Pilih ‘Instal Now’ dan Masukkan ‘product key’. Jika kamu menggunakan Windows 10 bawaan dan mengunakan lisensi digital, klik tulisan ‘I don’t have product key’. Pilih versi Windows 10 yang akan di-instal, lalu klik ‘Next’.

3. Persyaratan Lisensi

Kamu masuk ke menu persyaratan lisensi. Lanjutkan centang kotak ‘I accept the license terms’ dan klik ‘Next’. Untuk menginstal Windows 10, pilih ‘Custom: Install Windows only (advanced)’.

🔥 Trending 🔥  Membuat Suara Google Tanpa Aplikasi di PC dan HP

4. Pilih Atau Buat Partisi di HardDisk

Kemudian muncul daftar semua partisi drive di komputer. Kamu harus mengosongkan semua partisi dari disk, di mana akan di-instal Windows 10. Biasanya, Disk C ditempatkan sebagai Drive 0, sehingga hapus semua Drive 0 dengan klik ‘Drive 0’ dan klik ‘Delete’ satu persatu. Setelah menghapus seluruh Drive 0, akan tersisa Drive 0 Unallocated Space, pilih drive tersebut dan klik ‘Next’.

5. Proses Instalasi Selesai

Proses instalasi akan berlangsung. Tunggu hingga proses selesai dan komputer akan melakukan restart. Pastikan jika charger sudah terhubung jika kamu menginstal Windows 10 di laptop. Setelah komputer masuk ke menu pengaturan awal, tandanya proses instal Windows 10 sudah selesai.

Sekarang Anda dapat menginstal Windows 10 dalam hitungan detik, Anda dapat melakukannya di rumah tanpa harus pergi ke pusat layanan laptop dan komputer.