Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Masihkah meremehkan kondisi hidung tersumbat atau hidung mampet? Padahal, kondisi hidung yang tersumbat bisa menimbulkan suatu hal yang mengganggu aktivitas Anda. Perasaan tidak nyaman ini pada akhirnya akan mencari cara mengatasi hidung tersumbat dengan cepat dan akurat.

Cara terbaik untuk mengatasi hidung tersumbat tentu saja dengan menghindari pemicu dan penyebab kondisi ini. Pasalnya, bisa saja berasal dari daerah sekitar. Mulai dari debu hingga uap, berbagai pemicu tersebut akhirnya menyebabkan kondisi tubuh menjadi kurang fit dan menimbulkan gejala hidung tersumbat.

🔥 Trending 🔥  Cara Cek Kuota Smartfren

Jika Anda memiliki hidung tersumbat, jangan panik. Anda bisa melakukan beberapa cara mengatasi hidung tersumbat agar pernapasan Anda kembali normal. Namun ingat, jika gejalanya sudah membaik, coba perkuat kekebalan tubuh dan jauhi penyebab hidung tersumbat agar gejala mengganggu tersebut tidak kembali lagi.

Hidung Tersumbat Pertanda Munculnya Penyakit

Beberapa polutan udara, seperti asap mobil hingga paparan asap rokok, rentan terhadap iritasi, yang menyebabkan masalah pada saluran pernapasan dan memicu hidung tersumbat. Bahkan dengan semprotan debu.

Terkena berbagai partikel ini pada akhirnya akan menyebabkan berbagai kondisi kesehatan yang tercantum di bawah ini, salah satu gejala terkuatnya adalah hidung tersumbat.

Batuk Pilek

Hidung tersumbat sering kali merupakan tanda bahwa Anda sedang pilek. Biasanya, hidung tersumbat akibat kondisi kesehatan ini bisa bertahan 7-10 hari dan akan hilang dengan sendirinya. Batuk dan pilek bisa disebabkan oleh banyak hal. Paparan benda asing, seperti debu dan uap, hingga infeksi virus atau bakteri dapat menjadi sumber peradangan pada saluran pernapasan bagian atas, menyebabkan batuk dan pilek.

🔥 Trending 🔥  Cara Memulihkan Pesan WA Yang Terhapus

Influenza

Influenza adalah suatu kondisi ketika terkena virus yang menyerang bagian dari sistem pernapasan Anda. Bagian dari sistem pernapasan yang diserang mungkin leher, hidung dan paru-paru. Di bagian mana yang diserang, flu sering menyebabkan hidung tersumbat. Gejala influenza dapat hilang dengan sendirinya, tetapi juga dapat menyebabkan komplikasi yang berbahaya. Oleh karena itu, jika hidung tersumbat akibat flu tidak kunjung sembuh dalam waktu 10 hari, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Sinusitis Akut

Sinusitis adalah peradangan pada jaringan hidung yang menyempitkan rongga hidung. Sinusitis akut biasanya terjadi ketika gejala peradangan berlangsung lebih dari 10 hari. Pada saat itu, penyempitan rongga akan meningkatkan produksi lendir di hidung, membuat Anda merasa seperti sulit bernapas karena hidung tersumbat. Tak jarang, sinusitis akut berkembang dari batuk dan pilek yang tidak kunjung membaik.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Mengatasi hidung tersumbat tidak harus menunggu pasrah sampai penyebab hidung tersumbat hilang dan pernapasan dimudahkan kembali. Ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat tanpa harus ke dokter. Anda bisa melakukan beberapa cara mengatasi hidung tersumbat hanya dari rumah dan menggunakan peralatan sederhana seperti di bawah ini:

🔥 Trending 🔥  Design Bingkai Foto Hari Kebangkitan Nasional

1.  Tetap Jaga Suhu Tubuh Hangat

Lendir di rongga hidung yang menyebabkan hidung tersumbat menjadi lebih kental saat Anda merasa kedinginan atau saat suhu tubuh Anda turun. Karena itu, jika Anda merasakan hidung tersumbat, cobalah meredakannya dengan menjaga suhu tubuh tetap hangat.

Anda bisa mematikan AC atau kipas angin untuk menghangatkan badan. Bisa juga ditambah dengan menggunakan baju hangat dan selimut saat tidur. Mengkonsumsi minuman panas seperti jahe, teh dan air putih juga bisa menjadi alternatif penghangat tubuh untuk mengurangi gejala hidung tersumbat.

2.  Hirup Uap Hangat

Anda juga bisa menghilangkan hidung tersumbat dengan segelas air hangat. Didihkan saja air panasnya dan masukkan ke dalam wadah yang aman. Letakkan wajah Anda di depan tangki air panas, dan perlahan-lahan keluarkan air panas.

Uapnya membantu mencairkan lendir di rongga hidung yang menyebabkan hidung tersumbat. Untuk hasil yang lebih efektif, Anda bisa menambahkan bawang putih yang sudah dihaluskan ke dalam wadah air hangat.

Uap panas yang dicampur dengan zat bawang putih diketahui ampuh membunuh bakteri dan jamur yang memperparah hidung tersumbat yang Anda alami.

3.  Gunakan Pelembap Udara

Tidak ada salahnya membeli dan menggunakan pelembab udara atau biasa disebut humidifier jika Anda sering mengalami hidung tersumbat.

🔥 Trending 🔥  Membuat Magnet Dengan Cara Elektromagnetik

Humidifier yang dipasang di kamar atau kamar Anda dapat melembabkan udara di sekitarnya. Kelebihannya, udara lembab mampu meredakan iritasi yang menjadi sumber peradangan di hidung. Saat iritasi mereda, gejala hidung tersumbat dijamin akan berkurang.

4Banyak Minum Air Putih

Jika hidung tersumbat menjadi terlihat, cobalah minum lebih banyak cairan. Masuknya cairan ke dalam tubuh Anda mengurangi ketebalan lendir di hidung Anda. Dengan cara ini lendir tidak akan menutupi rongga hidung terlalu banyak dan Anda bisa bernapas lebih mudah.

Tapi tentu saja bukan sembarang cairan yang bisa membanjiri Anda dengan hidung tersumbat. Air hangat sangat dianjurkan. Yang tidak dianjurkan adalah mengkonsumsi air dingin karena akan membuat lendir di hidung lebih sulit untuk dicairkan.

5.  Mandi Air Hangat

Anda akan mendapatkan banyak saran untuk mandi air hangat jika hidung Anda tersumbat. Cara mengatasi hidung tersumbat ini sangat efektif bagi anda yang mengalami hidung tersumbat akibat gejala batuk dan pilek.

🔥 Trending 🔥  Membuat Bunga Dari Kertas Origami

Uap dari mandi air panas bisa membuat lendir di rongga hidung lebih cair dan lebih mudah dikeluarkan. Jika lendirnya encer atau bahkan sudah hilang, Anda bisa bernapas dengan normal kembali.

Jangan lupa untuk menggunakan sabun antibakteri, untuk memastikan kuman dan bakteri yang rentan menyebabkan peradangan pada saluran pernapasan Anda dihilangkan secara maksimal.

6.  Konsumsi Teh Herbal

Berikut cara mengatasi hidung tersumbat dengan cara alami yang berbeda! Anda bahkan akan merasakan cara ini sebagai langkah pengobatan. Soalnya, Anda hanya perlu mengonsumsi teh herbal untuk mengurangi gejala hidung tersumbat.

Teh herbal, terutama teh peppermint, yang mengandung mentol, bisa menjadi dekongestan alami. Minum teh panas ini akan membuat proses pernapasan lebih mudah karena peradangan di hidung berkurang. Anda bisa minum secangkir teh herbal, ditemani musik atau ditemani kue. Selain mengatasi hidung tersumbat, cara ini juga bisa menurunkan tingkat stres, sehingga memperkuat kekebalan tubuh.

🔥 Trending 🔥  Cara Instal Window 10 Dengan Flashdisk Berikut Gambar Panduan