Cara Membuat Ikan Asin Tongkol
Cara Membuat Ikan Asin Tongkol

Cara Membuat Ikan Asin Tongkol

1. Siapkan Bahan dan Alat Yang dibutuhkan

Siapkan ikan tongkol segar seberat 1 kg, garam dapur, gula pasir, bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit secukupnya. Selain itu, siapkan juga wadah plastik atau keramik, tali rafia, dan alas plastik atau kardus.

Usahakan untuk memilih ikan tongkol yang segar dan berkualitas, karena ini akan mempengaruhi hasil akhir dari ikan asin yang dihasilkan. Pastikan juga untuk membersihkan ikan secara menyeluruh sebelum pengolahan.

Untuk alat, Anda membutuhkan pisau tajam, talenan, talenan, panci atau wajan, serta kompor gas atau listrik.

2. Potong dan Bersihkan Ikan Tongkol

Pertama-tama, potong ikan tongkol menjadi bagian-bagian yang diinginkan, bisa berbentuk bilah atau potongan kecil. Setelah itu, bersihkan ikan dari segala macam isi dan kotoran yang masih menempel.

Pastikan juga untuk menghilangkan duri-duri yang ada pada ikan dengan menggunakan pisau tajam. Jangan lupa untuk membilas ikan dengan air bersih sampai benar-benar bersih dan keringkan dengan tisu atau kain bersih.

Anda bisa menambahkan air jeruk nipis atau lemon pada ikan tongkol selama 30 menit untuk menghilangkan bau amis pada ikan jika diinginkan.

3. Taburi Garam dan Bumbu pada Ikan

Setelah ikan tongkol bersih, taburi garam secukupnya dan diamkan selama sekitar 30 menit sampai ikan terlihat kaku dan agak kering. Setelah itu, masukkan ikan ke dalam wadah plastik atau keramik.

Selanjutnya, haluskan bawang putih dan bawang merah lalu taburi pada ikan. Lalu, tambahkan juga gula pasir dan cabai rawit sesuai selera dan aduk rata hingga bumbu merata pada ikan.

Diamkan ikan selama sekitar 2 hari di tempat yang teduh hingga bumbu teresap pada ikan. Anda bisa membalik ikan setiap hari agar bumbu merata pada semua bagian ikan.

4. Jemur Ikan Hingga Kering

Setelah ikan tersimpan selama 2 hari, gantung ikan di luar rumah atau di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Pastikan ikan tergantung dengan tegak dan jangan saling berdekatan.

Tenangkan ikan selama 4-5 hari tergantung dari cuaca dan kelembaban udara. Anda bisa mengalihkan posisi ikan agar kering merata.

Jangan lupa untuk memberikan alas plastik atau kardus di bawah ikan agar air yang menetes tidak mengotori lingkungan sekitar.

5. Ikan Asin Tongkol Siap Disajikan

Setelah ikan kering sempurna, angkat ikan dan bersihkan dari semua kotoran dan debu yang mungkin menempel. Kini, ikan asin tongkol siap disajikan sebagai lauk pauk yang lezat dan gurih.

Anda bisa memasak ikan asin tongkol dengan cara digoreng, dipanggang, atau diolah menjadi berbagai macam hidangan lainnya sesuai selera dan keinginan.

Selamat mencoba!

Kesimpulan

Membuat ikan asin tongkol memang membutuhkan waktu dan kesabaran, namun hasil akhir yang lezat dan gurih menjadikan semua usaha tersebut tidak terasa sia-sia. Dengan memperhatikan langkah-langkah di atas, Anda bisa mencoba membuat ikan asin tongkol sendiri di rumah dan menyantapnya bersama keluarga.