Cara Masak Ikan Asin Usam
Cara Masak Ikan Asin Usam

Cara Masak Ikan Asin Usam

Pertama-tama, Siapkan Bahan-Bahannya

Untuk membuat ikan asin usam, Anda membutuhkan bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapatkan. Pertama-tama, siapkan sekitar 500 gram ikan usam segar. Kemudian, siapkan 5 sendok makan garam kasar, 3 siung bawang putih yang sudah dihaluskan, dan 2 lembar daun salam. Terakhir, Anda juga memerlukan minyak goreng secukupnya.

Setelah semua bahan tersedia, cuci bersih ikan usam dengan air mengalir. Jimak simpan di wadah tertutup dan simpan di kulkas selama kurang lebih 1 jam. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan bau amis pada ikan usam.

Selanjutnya, goreng ikan usam dengan minyak yang sudah dipanaskan sampai matang. Setelah itu angkat dan tiriskan. Sisihkan terlebih dahulu.

Mari Mengasinkan Ikan Usam

Sekarang, saatnya mengasinkan ikan usam. Campur garam kasar dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Aduk rata hingga bumbu merata ke seluruh ikan. Setelah itu, letakkan daun salam di atasnya.

Sajikan ikan dalam wadah tertutup dan simpan di tempat yang sejuk selama kurang lebih 1 hari. Anda juga bisa menambahkan daun jeruk pada saat mengasinkan agar aroma ikan usam semakin sedap.

Setelah 1 hari, ikan asin usam siap diolah. Anda bisa memasaknya dengan cara digoreng atau ditumis. Ikan asin usam juga enak dijadikan bahan utama dalam berbagai masakan seperti nasi goreng atau mie goreng.

Cara Menyimpan Ikan Asin Usam yang Benar

Untuk menjaga kualitas ikan asin usam Anda, simpanlah di tempat yang sejuk dan kering. Anda juga bisa menyimpannya dalam kulkas untuk menjaga keawetannya. Sebaiknya tidak menyimpan ikan asin usam terlalu lama karena dapat mempengaruhi rasa dan aromanya. Pengawetan ikan asin usam terbaik adalah dengan cara mengasinkannya dengan garam kasar yang cukup dan tidak terlalu lama.

Kesimpulan

Itulah tadi cara masak ikan asin usam yang mudah dan enak. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa membuat ikan asin usam yang lezat untuk dijadikan lauk ataupun bahan masakan lainnya. Selamat mencoba!