Cara Membuat Ikan Asin Vegetarian
Cara Membuat Ikan Asin Vegetarian

Cara Membuat Ikan Asin Vegetarian

Pendahuluan

Siapa bilang vegetarian tidak bisa menikmati makanan asin seperti ikan asin? Kini, kita bisa membuat ikan asin dengan bahan dasar yang 100% vegetarian. Tidak perlu khawatir tentang kandungan garam berlebih dan bahan pengawet karena kita membuatnya sendiri di rumah. Berikut adalah cara membuat ikan asin vegetarian yang mudah dan enak.

Memilih Bahan-bahan

Untuk membuat ikan asin vegetarian, kita membutuhkan bahan-bahan seperti tepung ketan putih, garam, gula, bawang putih, dan air. Pastikan bahan-bahan yang digunakan benar-benar bersih dan sesuai dengan selera kita. Tepung ketan putih dapat diganti dengan tepung beras ketan putih jika memang tidak tersedia. Proses pemilihan bahan harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak mengganggu rasa dan aroma ikan asin vegetarian yang dihasilkan.

Membuat Adonan

Setelah memilih bahan yang tepat, langkah selanjutnya adalah membuat adonan. Campurkan tepung ketan putih, garam, gula, bawang putih yang sudah dihaluskan, dan air secukupnya dalam sebuah wadah. Aduk-aduk hingga adonan tercampur rata dan kalis. Adonan yang terlalu kering akan sulit diolah dan adonan yang terlalu basah akan membuat ikan asin vegetarian tidak renyah. Setelah adonan tercampur rata, diamkan selama 30 menit.

Proses Pembuatan

Setelah adonan siap, buatlah bentuk ikan yang diinginkan. Biasanya bentuk yang sering dipakai adalah bentuk ikan mujair. Setelah ikan asin vegetarian dibentuk, diamkan selama 2-3 hari dalam wadah tertutup agar adonan tertempel dengan baik dan rasa menjadi meresap. Setelah 2-3 hari, ikan asin vegetarian siap dijemur di bawah sinar matahari selama 2-3 hari lagi. Jangan lupa diuleni agar ikan asin vegetarian tidak keras dan terlalu asin. Sebelum disimpan, ikan asin vegetarian harus dijemur lagi selama 1-2 jam agar benar-benar kering. Setelah itu, ikan asin vegetarian siap disimpan.

Kesimpulan

Ikan asin vegetarian adalah alternatif yang baik untuk mereka yang tidak ingin makan ikan asin asli. Dengan bahan yang mudah didapatkan dan proses pembuatan yang sederhana, kita bisa menikmati ikan asin vegetarian yang enak dan sehat. Selamat mencoba!