Cara Buat Sambal Ikan Asin Yang Enak
Cara Buat Sambal Ikan Asin Yang Enak

Cara Buat Sambal Ikan Asin Yang Enak

Pendahuluan

Siapa yang tidak suka dengan sambal? Sambal menjadi salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari hidangan Indonesia. Apalagi, bila kita berbicara tentang sambal ikan asin, pasti sambal ini menjadi favorit di kalangan pecinta kuliner. Sambal ikan asin yang enak harus memiliki rasa yang pas tidak terlalu asin, pedas, dan sedikit manis. Bahkan, sambal ikan asin ini sering dijuluki sebagai “sambalnya orang sukses” karena harganya yang lumayan mahal di restoran. Tapi, tidak perlu khawatir, kita bisa kok membuat sambal ikan asin yang enak dan murah meriah di rumah.

Bahan-Bahan

– 100 gram ikan asin yang sudah dicuci bersih- 15 cabai merah besar- 5 cabai rawit merah- 1 buah tomat- 5 buah bawang merah- 3 siung bawang putih- 1 sdt gula pasir- 1 sdt garam- 2 sdt air jeruk nipis- 3 sdm minyak goreng

Cara Membuat Sambal Ikan Asin Yang Enak

Pertama-tama, tumis ikan asin dengan minyak goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan sisihkan terlebih dahulu.

Kemudian, haluskan cabai merah, cabai rawit merah, bawang merah, bawang putih, dan tomat menggunakan blender atau cobek. Jangan sampai terlalu halus, sambal asli Indonesia kan biasanya ada tekstur kasar-kasar.

Selanjutnya, panaskan kembali minyak goreng bekas tumisan ikan asin di atas api sedang. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, setelah itu masukkan ikan asin yang sudah ditumis tadi ke dalam tumisan bumbu. Tambahkan garam, gula pasir, dan air jeruk nipis. Aduk rata dan masak hingga matang.

Kesimpulan

Itulah cara mudah membuat sambal ikan asin yang enak dan bisa kamu coba di rumah. Selain lebih murah, kamu juga bisa menyesuaikan dengan selera yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk menghidangkan sambal ikan asin ini bersama nasi hangat dan lauk pauk kesukaanmu.